Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Anggota Kongres Menyerukan Investigasi Ke Gensler, Peran SEC dalam Keruntuhan FTX

December 7th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Seorang anggota Kongres Demokrat menyerukan penyelidikan independen atas kegagalan Komisi Keamanan dan Pertukaran untuk mencegah keruntuhan bersejarah pertukaran crypto FTX.

Dalam surat dengan kata-kata keras yang dikirim pada hari Selasa, Perwakilan Ritchie Torres (D-NY) meminta Kantor Akuntabilitas Pemerintah (GAO) untuk melakukan tinjauan independen atas tindakan SEC—atau kekurangannya—di bulan-bulan menjelang ledakan FTX bulan lalu.

Surat itu secara khusus memilih ketua SEC Gary Gensler karena mengklaim dominasi peraturan eksklusif atas pertukaran crypto, sementara secara bersamaan gagal mengaturnya secara berarti.

“Jika SEC memiliki otoritas yang diklaim Tuan Gensler, mengapa dia gagal mengungkap skema crypto Ponzi terbesar dalam sejarah AS?” tulis Torres. “Seseorang tidak dapat memiliki keduanya, menegaskan otoritas sambil menghindari akuntabilitas.”

Surat itu tidak berbasa-basi dalam mengklaim bahwa Gensler oleh karena itu “bertanggung jawab tunggal atas kegagalan peraturan seputar runtuhnya FTX.”

Torres melanjutkan untuk menyerang karakter dan motivasi Gensler, mengkritik keputusannya untuk menyelidiki selebritas seperti Kim Kardashian daripada pertukaran crypto seperti FTX.

Pada bulan Oktober, SEC mendenda Kardashian $1,26 juta karena mempromosikan EthereumMax, mata uang kripto yang ditetapkan agensi sebagai sekuritas yang tidak terdaftar. Pada hari dakwaan, SEC meluncurkan video mencolok yang dibintangi Gensler untuk mempromosikan kesadaran akan tindakan tersebut — praktik yang tidak biasa di bidang regulasi sekuritas yang biasanya kering tulang.

Hari ini @SECGov, kami menuntut Kim Kardashian karena menggembar-gemborkan keamanan kripto secara tidak sah. Kasus ini adalah pengingat bahwa, ketika selebritas/influencer mendukung peluang investasi, termasuk sekuritas aset kripto, bukan berarti produk investasi tersebut tepat untuk semua investor.

— Gary Gensler (@GaryGensler) October 3, 2022

“Prinsip operasi SEC harus menjadi perlindungan bagi publik yang berinvestasi, bukan publisitas untuk pejabat politik yang bertanggung jawab,” tulis Torres Selasa.

Surat itu juga menyinggung perselisihan di dalam jajaran SEC sendiri, menuduh kebijakan Gensler mengobarkan pemberontakan di antara stafnya.

“Tuan. Kepemimpinan Gensler telah membuat staf karier di SEC secara fundamental terdemoralisasi sampai batas yang jarang terlihat, dengan Inspektur Jenderal SEC melaporkan tingkat gesekan tertinggi dalam satu dekade,” tulis Torres.

Salah satu rekan Gensler, Komisaris SEC Hester Peirce, sebelumnya mengatakan kepada Decrypt bahwa pendekatan Gensler adalah “bukan cara pengaturan yang baik,” dan bahwa banyak orang berhak “menyerah pada kami”.

“Sejauh mana demoralisasi Tuan Gensler terhadap tenaga kerjanya sendiri melumpuhkan Komisi dalam menjalankan tugasnya untuk melindungi investor?” tulis Torres. “Masyarakat berhak mendapat jawaban.”

Sementara SEC belum mengeluarkan denda atau tuntutan apa pun terhadap FTX, agensi tersebut telah menyelidiki pertukaran crypto selama beberapa waktu. Namun, setelah ledakan FTX, Commodity Futures Trading Commission (CFTC) dan Departemen Kehakiman juga telah meluncurkan penyelidikan terhadap raksasa $32 miliar yang gagal tersebut.

SEC mungkin juga kehilangan monopolinya atas regulasi crypto secara keseluruhan. RUU Senat bipartisan yang tertunda, belum dipilih, akan memberikan sebagian besar otoritas atas regulasi kripto kepada CFTC. Pada hari Senin, Perwakilan Torres memperkenalkan dua RUU di DPR yang akan segera memberlakukan peraturan pertukaran kripto.

Artikel ini disadur dari decrypt.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar