Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Apa arti garpu keras Vasil Cardano untuk blockchain

September 26th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Setelah beberapa penundaan dan beberapa kemunduran, pemutakhiran Vasil Cardano yang telah lama ditunggu-tunggu akhirnya diluncurkan pada 22 September. Dari luar melihat ke dalam, garpu keras dirancang untuk membantu meningkatkan skalabilitas ekosistem dan kapasitas throughput transaksi umum serta memajukan aplikasi terdesentralisasi Cardano (DApps) kapasitas pengembangan.

Untuk memperingati acara tersebut, sebuah pengumuman dibuat oleh perusahaan blockchain Input Output Hong Kong (IOHK) — yang saat ini mengawasi desain, pembangunan, dan pemeliharaan platform Cardano — hanya beberapa menit setelah pengembangan. mewakili dan dampak potensialnya pada Cardano (serta ekosistem crypto pada umumnya), Cointelegraph menjangkau Shahaf Bar-Geffen, CEO COTI, sebuah protokol untuk menciptakan jaringan pembayaran terdesentralisasi dan stablecoin. Dalam pandangannya:
“Vasil Upgrade menandai awal era baru untuk ekosistem Cardano dan ruang keuangan terdesentralisasi pada umumnya. Peningkatan ini bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas jaringan dan meningkatkan kemampuan kontrak pintar Cardano.”
Bar-Geffen lebih lanjut mencatat bahwa garpu keras akan secara signifikan meningkatkan efisiensi Djed, stablecoin algoritmik yang dikembangkan bersama oleh IOHK dan Grup COTI, meningkatkan jumlah transaksi dilakukan pada platform Djed dan dengan demikian membantu memposisikan Cardano sebagai pesaing utama untuk transaksi stablecoin.

Amati lebih dekat apa yang ditawarkan Vasil

Sebelum melihat manfaat fungsional dan operasional yang diberikan oleh hard fork Vasil, akan lebih baik untuk memahami apa sebenarnya garpu keras adalah. Dalam pengertian yang paling mendasar, hard fork adalah peningkatan jaringan yang digerakkan ketika mereka yang mengatur platform blockchain memutuskan untuk menambah atau memperbaiki fitur tertentu ke ekosistem.

Dengan kata lain, ketika hard fork terjadi, jaringan terbagi menjadi dua versi yang berjalan secara terpisah, di mana satu versi mengikuti fitur dan aturan yang ada sementara yang lain berlanjut sebagai versi jaringan yang ditingkatkan.

Menjelaskan pandangannya tentang aspek teknis peningkatan, Charmyn Ho, kepala wawasan kripto untuk pertukaran mata uang kripto Bybit, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa pada lapisan aplikasi, garpu keras Vasil Cardano bertujuan untuk meningkatkan kontrak pintar jaringan saat ini untuk menghasilkan pengalaman yang lebih baik bagi keduanya. pengguna dan pengembang sama, menambahkan:
“Ini secara bersamaan akan mengarah pada proses pembangunan yang lebih efisien sehubungan dengan aplikasi di rantai. Pada tingkat infrastruktur, banyak peningkatan yang datang dengan hard fork Vasil akan memungkinkan Cardano untuk meningkatkan ukuran blok dan TPS sambil mempertahankan mekanisme POS-nya.”
Ho lebih lanjut menyoroti bahwa hard fork Vasil ditujukan tidak hanya untuk meningkatkan skalabilitas rantai dan mengoptimalkan fitur yang ada tetapi juga untuk memperkuat stabilitas dan konektivitas jaringan. “Ini adalah langkah maju yang besar dan menonjol bagi Cardano karena peningkatan ini diharapkan dapat mengurangi biaya transaksi jaringan sekaligus meningkatkan kecepatan transaksi,” tambahnya.

Terkini: Hard fork Ethereum pasca-Penggabungan telah hadir — Sekarang apa?

Terakhir, perlu dicatat bahwa Vasil bukanlah upgrade jaringan utama pertama Cardano karena sekitar setahun yang lalu, proyek tersebut menyaksikan peluncuran hard fork lain yang disebut Alonzo, yang merupakan dirancang untuk memungkinkan pengguna merancang DApps menggunakan kontrak pintar. Peningkatan Alonzo, di samping banyak perkembangan lainnya, adalah cara Cardano untuk menyediakan alternatif yang menarik bagi Ethereum bagi pengguna, platform lain yang memungkinkan pengembangan aplikasi baru yang mulus menggunakan kontrak pintar.

Mengapa Vasil begitu penting?

Dinamakan setelah anggota terkemuka dari Komunitas Cardano yang meninggal pada tahun 2021, Vasil St. Dabov, peningkatan ini akan meningkatkan throughput transaksi ekosistem, efisiensi, dan memblokir kecepatan latensi. Selanjutnya, hard fork akan melihat penerapan teknik yang disebut difusi pipelining, yang berupaya meningkatkan waktu propagasi blok sekaligus meningkatkan kemampuan pemrosesan transaksi jaringan.

Hard fork Vasil akan memperkenalkan tiga Cardano Improvement Proposals (CIP) utama, yaitu CIP-31 , CIP-32 dan CIP-33. Dalam hal ini, CIP-31 akan mendorong pengenalan mekanisme masukan referensi baru yang memungkinkan DApps mengakses data keluaran transaksional tanpa harus membuatnya kembali seperti sebelumnya, membuat seluruh proses menjadi sangat efisien dan menghemat waktu. Pada saat yang sama, CIP-32 dirancang untuk meningkatkan tingkat desentralisasi asli Cardano dengan memperkenalkan fitur penyimpanan data on-chain untuk peserta jaringan.

CIP-33 akan membuat transaksi lebih ringan dengan membuat perubahan pada skrip pemrograman asli sistem, memungkinkan pemrosesan lebih cepat serta pengurangan biaya. Terakhir, peningkatan lain yang disebut CIP-40 akan diperkenalkan sebagai bagian dari Vasil. Ini akan memperkenalkan mekanisme transaksi keluaran baru untuk membantu meningkatkan transmisi blok tanpa validasi penuh.

Pembaruan lainnya termasuk peningkatan bahasa pemrograman kontrak pintar asli Cardano Plutus, yang sekarang akan lebih maju secara fungsional daripada iterasi sebelumnya. Tidak hanya itu, Vasil juga akan meningkatkan keamanan platform dengan membuatnya lebih mudah untuk berinteraksi dengan model UTXO Cardano (yang telah dibuat menyerupai Bitcoin) sambil menjaga beban transaksinya di luar rantai.

Efek potensial pada ADA

Sementara putaran pertama dari hard fork dimulai pada 22 September, upgrade yang tersisa akan mulai berlaku pada 27 September. Sampai saat ini, fase kedua dari hard fork akan terlihat untuk mendefinisikan kembali model biaya Plutus, yang memiliki efek langsung pada kekuatan pemrosesan dan biaya memori yang diperlukan untuk mengatur kontrak pintar asli Cardano.

Selain upgrade Vasil, tim Cardano mengungkapkan bahwa mereka telah bekerja tanpa lelah pada pengembangan solusi penskalaan layer-2 — protokol kepala Hydra — yang mampu memproses transaksi dari blockchain Cardano sambil tetap menggunakannya sebagai lapisan keamanan dan penyelesaian intinya.

Sampai saat ini, pembaruan terbaru oleh tim Cardano mengungkapkan telah berhasil mengatasi masalah yang diketahui dengan kerangka kerja node Hydra. Seperti yang terjadi, protokol tidak memiliki tanggal rilis tetap. Namun, tim IOHK telah mengisyaratkan bahwa penawaran tersebut dapat masuk ke pasar sekitar akhir tahun 2022 atau kuartal pertama tahun 2023.

Terkini: Keputusan Bitcoin El Salvador: Pelacakan adopsi setahun kemudian

Vasil awalnya dijadwalkan untuk ditayangkan awal tahun ini, tetapi menghadapi banyak kemunduran. Meskipun pemutakhiran sudah aktif sekarang, ekosistem terus mengalami dampak dari penundaan ini. Misalnya, sejak awal tahun 2020, cryptocurrency asli Cardano, ADA, terus mengalami penurunan dalam volume transaksinya. Tidak hanya itu, tetapi dari sudut pandang kinerja harga murni, peningkatan tersebut belum mampu berbuat banyak dalam hal memacu nilai ADA, dengan perdagangan mata uang turun kurang dari 1% pada minggu ini.

Meskipun tindakan harga ADA terus tetap cukup tidak bersemangat, fakta bahwa ekosistem Cardano telah membuat langkah luar biasa selama setahun terakhir menunjukkan bahwa proyek tersebut tampaknya siap untuk hal-hal besar dalam waktu dekat hingga jangka menengah.

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar