Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Apa kesalahan Paul Krugman tentang crypto

December 9th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Pada pertengahan November, ketika pasar crypto terhuyung-huyung setelah kehancuran FTX, ekonom pemenang Hadiah Nobel Paul Krugman menggunakan kolomnya di New York Times untuk meremehkan aset crypto — lagi. Terlepas dari kredensial akademisnya yang tidak diragukan lagi, Krugman mengulangi kesalahpahaman umum dalam upayanya untuk memahami aset kripto — dengan menggabungkan Bitcoin (BTC) dengan mata uang kripto lainnya.

Meskipun menjadi anggota tertua, paling berharga, dan paling terkenal dari kelas aset digital yang baru muncul ini, Bitcoin memiliki kasus penggunaan unik yang sangat berbeda dari yang lainnya. Oleh karena itu, untuk memahami kelas aset ini secara keseluruhan, akan lebih masuk akal untuk memilih aset dengan utilitas yang lebih nyata sebagai titik awal Anda. Filecoin, misalnya, menyediakan penyimpanan untuk file digital dengan cara yang mirip dengan Google Drive atau Dropbox, tetapi dengan cara yang terdesentralisasi. Jaringan ini memungkinkan pengguna dengan kelebihan penyimpanan untuk menyewakan kapasitas tersebut kepada pengguna lain dengan imbalan biaya tertentu. Biaya ini dibayar dengan token asli jaringan, juga disebut Filecoin. Contoh ini jauh lebih mewakili sebagian besar aset crypto: jaringan yang memberikan insentif keuangan untuk layanan secara terdesentralisasi, dengan efisiensi tambahan dan pengurangan biaya sebagai akibat dari kurangnya perantara dan rekanan pusat. Namun, Bitcoin berbeda.

Tapi apa sebenarnya Bitcoin itu? Ini tampaknya menjadi titik buta lain dalam pemahaman Paul Krugman. Bitcoin telah berkembang dari waktu ke waktu, baik dalam hal teknologinya, dengan pembaruan dan peningkatan fungsinya, dan tesis investasinya yang paling menonjol. Krugman, menurut kolomnya sendiri, menganggap Bitcoin (dan, tentu saja, aset kripto lainnya) sebagai alat pembayaran. Faktanya, itulah tujuan yang dimaksudkan yang diungkapkan dalam kertas putih yang meluncurkan Bitcoin pada tahun 2008, tetap demikian di tahun-tahun segera setelah publikasi.

Terkait: Penurunan Crypto lebih dari sekadar lingkungan makro

Namun, tesis ini telah berkembang seiring waktu. Terutama, pada tahun 2017, ketika perdebatan besar muncul dalam komunitas Bitcoin mengenai apakah memprioritaskan fungsinya sebagai alat pembayaran atau karakteristiknya sebagai penyimpan nilai. Kehendak pendukung penyimpan nilai menang, dan para pembangkang menciptakan Bitcoin Cash. Sejak itu, konsensus utama adalah bahwa Bitcoin harus berusaha untuk menjadi pengganti emas, bukan mata uang fidusia — dengan manfaat tambahan berupa portabilitas yang lebih besar dan ketahanan terhadap penyitaan.

Mengingat karakteristik ini, Bitcoin menjadi sangat dicari dalam situasi ekstrem — seperti perang di Ukraina dan krisis hiperinflasi Venezuela — oleh orang biasa daripada penjahat, seperti yang salah disarankan oleh Krugman. Terbukti, Bitcoin memiliki jalan panjang sebelum secara efektif memantapkan dirinya sebagai` penyimpan nilai yang sebenarnya — langkah pertama yang akan mencapai stabilitas harga yang lebih besar. Selain itu, ada kasus penggunaan lain yang sedang dikembangkan. Peningkatan skalabilitas yang diperlukan, yang memungkinkannya berkembang sebagai alat pembayaran, telah ditugaskan ke apa yang disebut solusi lapisan-2, seperti Lightning Network. Salah satu pembaruan terbaru Bitcoin yang diterapkan pada bulan September memungkinkan pembuatan token di dalam jaringannya. Crypto terus berkembang, tetapi Krugman masih terpaku pada kertas putih tahun 2008. Kegagalan Bitcoin pada akhirnya sebagai alat pembayaran tidak berarti akhir dari Bitcoin itu sendiri, apalagi akhir dari semua aset crypto.

Didasari oleh kesalahpahaman tentang sifat umum aset crypto dan, khususnya, Bitcoin, Krugman sampai pada kesimpulan bahwa, meskipun koheren di dalam diri mereka sendiri, sepenuhnya keliru, seperti, misalnya, argumennya bahwa industri crypto tidak akan bertahan. peningkatan tingkat regulasi. Pada tahun 1998, ketika membahas topik serupa, Krugman secara keliru menyatakan: “Pada tahun 2005, akan menjadi jelas bahwa dampak Internet terhadap perekonomian tidak lebih besar daripada pengaruh mesin faks.” Biasnya terhadap aset crypto dapat menyebabkan prediksi yang tidak akurat seperti kutipannya yang sekarang terkenal tentang dampak masa depan internet.

Terkait: Dari NY Times hingga WaPo, media menjilat Bankman-Fried

Regulasi yang dirancang dengan baik untuk perusahaan yang menyediakan layanan terkait dengan aset crypto disambut baik oleh sebagian besar peserta industri dan sebenarnya dianggap sebagai perkembangan yang akan menumbuhkan kepercayaan di antara investor yang diperlukan untuk mendorong teknologi ini menuju adopsi massal. Selain itu, banyak dari layanan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan ini bersifat finansial dan, seperti yang ditunjukkan oleh peristiwa berturut-turut yang terjadi tahun ini kepada kita, ada efek penularan. Ini dengan sendirinya membenarkan perlunya regulasi yang lebih besar. Seperti yang dinyatakan Krugman di baris pertama opininya, “peristiwa baru-baru ini telah memperjelas perlunya mengatur crypto.” Dia benar dalam hal itu. Nbsp
Kemungkinan krisis yang diciptakan oleh FTX akan memacu regulator untuk mempercepat upaya mereka di seluruh dunia dan, akibatnya, membantu mengkonsolidasikan aset crypto dan teknologi blockchain. Sama seperti prediksi sesat Krugman yang tidak berarti kehancuran reputasinya, krisis ini bukanlah akhir permainan untuk crypto.
João Marco Braga da Cunha adalah manajer portofolio di Hashdex. Ia memperoleh gelar master sains di bidang ekonomi dari Fundação Getulio Vargas sebelum memperoleh gelar doktor di bidang teknik listrik dan elektronik dari Universitas Katolik Kepausan Rio de Janeiro.

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar