Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Apakah ini saatnya Bitcoin untuk bersinar? Pound Inggris turun ke level terendah sepanjang masa terhadap dolar

September 26th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Pada 26 September, Pound Inggris mencapai rekor terendah terhadap dolar AS menyusul pengumuman pemotongan pajak dan peningkatan utang lebih lanjut untuk mengekang dampak kemungkinan resesi ekonomi. Volatilitas hanya mencerminkan keraguan investor tentang kapasitas pemerintah untuk menahan meningkatnya biaya hidup di seluruh wilayah.

Dolar AS telah menjadi pemenang yang jelas karena investor mencari perlindungan di ekonomi global terbesar, tetapi kelemahan Pound Inggris bisa menjadi positif bersih untuk Bitcoin. GBP adalah mata uang tertua di dunia yang masih digunakan dan terus digunakan sejak awal.

Mata uang fiat adalah eksperimen berusia 52 tahun

Pound Inggris (GBP), seperti yang kita ketahui saat ini, memulai perjalanannya pada tahun 1971 setelah konvertibilitasnya dengan emas atau setara secara efektif dihentikan. Sejak itu, mata uang yang dikeluarkan oleh Bank of England tidak memiliki penilaian tetap.

Inflasi telah menjadi pusat perdebatan sepanjang 2022 setelah bank sentral menambahkan likuiditas ke pasar dalam 2 tahun sebelumnya untuk merangsang ekonomi. Akibatnya, pada Agustus 2022, Inggris mengalami kenaikan harga konsumen sebesar 9,9% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 22 September, pemerintah mengumumkan pemotongan pajak yang belum pernah terjadi sebelumnya, tertinggi sejak 1972, menyebabkan British Pound mencapai level terendah intraday $1,038 versus dolar AS pada 26 September. Analis menyimpulkan bahwa penerbitan obligasi pemerintah akan meningkat untuk membayar pajak yang lebih rendah, dan suku bunga harus ditingkatkan secara agresif.

Sementara hilangnya nilai dalam GBP mengejutkan, kita harus menganalisis dengan tepat seberapa penting pasar mata uang global, dan seberapa relevan Pound Inggris terhadap mata uang kripto. Bagian pertama relatif mudah untuk dijawab, tetapi tergantung pada apakah deposito bank, tabungan dan sertifikat deposito dipertanggungjawabkan atau tidak. Jika kita berpegang pada definisi Uang Pokok, yang secara eksklusif mengukur uang tunai dan simpanan yang beredar di bank sentral, Pound Sterling mencapai GBP 1,05 triliun pada Juni 2022.

Dalam istilah dolar AS, mata uang Inggris mewakili $1,11 triliun dari $28,2 triliun global dalam Uang Dasar fiat, atau kira-kira 4%. Di sisi lain, Euro, mata uang terpadu dari negara-negara zona euro, memimpin peringkat dengan $6 triliun, diikuti oleh dolar AS dengan $5,5 triliun. Oleh karena itu, signifikansi GBP tetap tinggi, didukung oleh produk domestik bruto kawasan senilai $3,19 triliun pada tahun 2021, terbesar kelima di dunia.

Pada Oktober 1990, pemerintah Inggris memutuskan untuk memasangkan GBP berdasarkan Deutsche Mark karena Jerman adalah kekuatan ekonomi utama di kawasan. Namun, negara itu terpaksa menarik diri dari pasangan pada September 1992 setelah kinerja keuangan Inggris yang lesu membuat nilai tukar tidak berkelanjutan. Akibatnya, selama “Rabu Hitam”, suku bunga tiba-tiba meningkat dari 10% menjadi 15%, dan mata uang GBP mendevaluasi 25% dalam semalam.

Terkait: GBP mengikuti euro; Nilai tukar pound-dolar mencapai low

Batas pasokan dan kelangkaan dapat memberi crypto kesempatan untuk bersinar

Sangat sedikit aset yang dapat bersaing dengan uang fiat dalam hal relevansi. Emas memiliki nilai sekitar $6 triliun, tidak termasuk perhiasan dan aset non-keuangan, adalah pesaing yang pasti. Raksasa teknologi, Apple juga memimpin penilaian pasar saham dengan kapitalisasi $ 2,45 triliun, diikuti oleh produsen minyak Saudi Aramco yang mencapai $ 2 triliun.

Memperkirakan relevansi Pound Inggris pada cryptocurrency tidak sederhana, tetapi menurut data dari Nomics, keluar dari perdagangan fiat Bitcoin global, dolar AS adalah pemimpin mutlak dengan 89%, diikuti oleh 4% dari Yen Jepang, 3% untuk Euro dan 2% untuk Sterling.

Akibatnya, dampak langsung pada perdagangan Bitcoin tampaknya relatif kecil, tetapi fakta bahwa mata uang fiat tertua mencapai titik terendah sepanjang masa terhadap dolar AS dapat menjadi pengubah permainan untuk cryptocurrency.

Menurut Porkopolis Economics, tingkat penerbitan rata-rata Pound Sterling sejak tahun 1970 adalah 11,2% per tahun. Angka ini secara langsung dibandingkan dengan penerbitan 900 koin Bitcoin setiap hari atau 1,7% per tahun.

Setelah masyarakat umum menyadari bahwa tabungan dan investasi mereka sedang didevaluasi secara lebih agresif oleh langkah-langkah stimulus bank sentral, manfaat dari bentuk uang terdesentralisasi dapat menjadi jelas. Namun, untuk saat ini, dolar AS telah menjadi pemenang yang jelas, mencapai level tertinggi dalam lebih dari 20 tahun dibandingkan dengan mata uang fiat global utama lainnya.

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar