Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Bank of Ghana untuk mendorong inklusi keuangan melalui proyek CBDC

September 28th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Semakin banyak negara membuat kemajuan dalam hal mengembangkan dan menerapkan mata uang digital bank sentral (CBDC), bank sentral Ghana bertujuan untuk mengikuti dan menyelesaikan penelitiannya tentang CBDC dengan tujuan inklusi keuangan, menurut Kwame Oppong, kepala fintech dan inovasi di Bank of Ghana.

Dalam sebuah wawancara dengan Elisha Owusu Akyaw dari Cointelegraph di Africa Money & DeFi Summit, Oppong memaparkan alasan di balik usaha negara Afrika Barat itu ke dalam CBDC. Menurut pejabat pemerintah, tujuan utama mereka saat ini adalah untuk menyelesaikan pengujian dan akhirnya memberi warganya kesempatan untuk menggunakan “bentuk pembayaran yang layak.” Dia menjelaskan bahwa:
“Saya pikir dalam hal CBDC, tujuan kami adalah untuk dapat menyelesaikan pengujiannya. Kami telah melihat hasilnya. Kita akan melihat studi setiap waktu di masa depan. Tetapi alasan sebenarnya kami untuk melakukannya adalah lebih banyak inklusi keuangan.”
Pejabat mengatakan bahwa dalam uji coba offline “E-Cedi” mereka, CBDC Ghana, di sebuah kota bernama Sefwi Asafo, peserta dapat membeli produk dan layanan dari pedagang di semua jenis tempat tanpa konektivitas internet. Oppong percaya bahwa manfaat lain dari CBDC adalah memiliki data yang dihasilkan oleh para peserta. Eksekutif fintech menjelaskan bahwa data ini dapat membantu orang menjadi memenuhi syarat untuk pinjaman jika mereka memberikan informasi kepada bank.

Oppong juga menyoroti potensi penghematan biaya jika CBDC diterapkan di negara ini. Dikatakannya, ketika CBDC diimplementasikan, ada banyak potensi pengurangan biaya karena fitur instant settlement-nya.

Terlepas dari potensi manfaat CBDC, pejabat bank sentral menegaskan kembali bahwa dunia masih pada tahap di mana berbagai entitas mencoba untuk menentukan pro dan kontra. “Saya pikir sebagai masyarakat, kita perlu menentukan apakah itu berguna bagi kita atau tidak,” katanya.
Hello Accra ! Cointelegraph ada di KTT @AfricaMoneyDefi! Ucapkan Hai, kepada pakar media sosial kami @ghcryptoguy saat Anda melihat seseorang mengenakan kaus Cointelegraph . #AMDSGH#AfricaFintech pic.twitter.com/49pZcezKLx
— Cointelegraph (@Cointelegraph) 27 September 2022
Dalam diskusi panel berjudul “Stablecoin, Crypto & CBDC, Risiko dan Peluang untuk Ghana,” Oppong juga membahas pentingnya stablecoin. Dia mencatat bahwa dalam hal transaksi lintas batas, stablecoin dapat memainkan peran yang sangat penting dalam keuangan.

Terlepas dari ini, eksekutif menyoroti bahwa salah satu hal yang paling menarik dalam kripto adalah kesederhanaan pengalaman penggunanya. Dia mencatat bahwa banyak entitas mulai melihat pentingnya mempelajari blockchain dan mengimplementasikan kasus penggunaannya.

Terkait: Rusia bertujuan untuk menggunakan CBDC untuk penyelesaian internasional dengan China: Report

Meskipun ada pendukung CBDC, ada juga yang percaya bahwa mereka tidak benar-benar baik untuk rakyat. Bitcoin Policy Institute, sebuah think tank yang berbasis di Amerika Serikat, baru-baru ini berpendapat bahwa Bitcoin (BTC) dan stablecoin adalah alternatif yang lebih baik untuk CBDC.

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar