Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Cadangan Penambang BTC Mencapai Level Terendah dalam Satu Dekade

October 3rd, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Penambang
Bitcoin sekarang memiliki cadangan kurang dari 2 juta BTC, menurut data dari IntoTheBlock.

Itu adalah jumlah Bitcoin terendah yang dipegang oleh semua kumpulan dan penambang yang dilacak sejak 2010, menyusul penurunan yang stabil selama dekade terakhir.

Dwindling Miner Reserves

IntoTheBlock data melacak Bitcoin milik alamat on-chain dari berbagai penambang utama dan kolam penambangan – termasuk Poolin, F2Pool, Binance, Bitfury, dan lainnya.

Secara agregat, total cadangan berjumlah 1,92 juta BTC per 2 Oktober. Total cadangan turun di bawah 2 juta BTC mulai sekitar 13 Juni, sementara harga Bitcoin runtuh dan industri kelas berat mulai bangkrut.

Meskipun itu tidak menceritakan keseluruhan cerita: data platform menunjukkan bahwa cadangan penambang terus menurun sejak September 2012, dari puncaknya sekitar 3,1 juta BTC. Sebelum 2022, terakhir kali penambang Bitcoin memegang lebih sedikit dari cadangan bulan ini adalah pada bulan Februari 2010. Cadangan Agregat Penambang
Bitcoin. Sumber: IntoTheBlock
Secara umum, volatilitas saldo cadangan penambang agregat telah menurun dari waktu ke waktu. Ini mungkin terkait dengan jadwal penerbitan pasokan Bitcoin. Setiap empat tahun, subsidi yang melekat pada setiap blok Bitcoin dipotong setengahnya – yang berarti penambang awal kemungkinan dapat mengumpulkan dan menjual Bitcoin paling banyak dalam periode waktu tersingkat.

Selanjutnya, harga Bitcoin telah meroket sejak awal, yang berarti lebih sedikit Bitcoin yang perlu dijual dari waktu ke waktu untuk menutupi biaya dalam mata uang USD. Dengan demikian, saldo penambang masih di atas $44 miliar dalam USD – relatif mendekati $59 miliar sepanjang masa pada April 2021. 

Tekanan pada Penambang

Meskipun penurunan harga Bitcoin dan cadangan penambang, tingkat hash jaringan terus meningkat ke level tertinggi baru . Peningkatan dalam teknologi penambangan memungkinkan penambang menghasilkan hash dengan menggunakan lebih sedikit energi dari waktu ke waktu.

Tetapi tingkat hash yang meningkat juga berarti lebih banyak persaingan untuk penambang individu. Ditambah dengan pasar beruang yang merusak pendapatan penambang, lingkungan tahun ini terbukti sulit bagi penambang untuk tetap menguntungkan, atau bahkan bertahan.

Bulan lalu, perusahaan pertambangan Bitcoin North Compute mengajukan kebangkrutan, mengungkapkan utang lebih dari $500 juta. Kembali pada bulan Juni, penambang publik Core Scientific menjual sebagian besar kepemilikan Bitcoinnya.

Minggu lalu, data dari Glassnode menunjukkan bahwa penambang masih menjual sekitar 8000 BTC per bulan, sementara pemegang jangka panjang, secara umum, menjual koin mereka dengan kerugian.

Artikel ini disadur dari cryptopotato.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar