Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Cara Memindahkan Bitcoin, Ethereum, dan Crypto Lain ke Self-Custody

December 2nd, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Hak asuh mandiri Bitcoin, Ethereum, dan aset mata uang kripto lainnya menarik lebih banyak perhatian sejak bursa FTX Sam Bankman-Fried tiba-tiba meledak beberapa minggu lalu dalam pusaran drama.

Pengguna dari bursa terbesar ketiga sebelumnya tidak memiliki ide jika mereka pernah akan mendapatkan uang mereka kembali. Dengan mengingat hal ini, banyak pengguna memutuskan untuk tidak lagi mempercayai bursa terpusat seperti FTX atau Coinbase dengan dana mereka.

“Jika Anda meninggalkan dana di bursa, Anda membuka diri terhadap risiko peretasan, penarikan beku karena kegagalan bisnis, dan penipuan orang dalam,” kata CEO dan salah satu pendiri platform hak asuh diri Casa Nick Neuman kepada Decrypt, menunjuk ke FTX sebagai “contoh nyata” dari hal ini.

Dengan hak asuh sendiri, pengguna memindahkan dana mereka di dompet mereka sendiri yang hanya mereka kendalikan.

“Ada kesamaan antara kunci pribadi dan kunci mobil. Ketika Anda memberikan satu-satunya kunci kepada orang lain, mereka dapat mengakses mobil Anda dan pergi. Jika Anda menyimpan kunci Anda, Anda bebas melakukan apa pun yang Anda inginkan,” kata CEO Ledger Pascal Gauthier.

Jika memiliki kendali penuh atas crypto Anda terdengar menarik bagi Anda, ikuti langkah-langkah ini untuk memindahkan dana Anda dari bursa ke dompet yang Anda miliki. meskipun hak asuh sendiri membantu pengguna Untuk melindungi diri dari pihak ketiga yang mencuri uang mereka, itu membutuhkan tanggung jawab pribadi yang jauh lebih ketat.

Users harus menuliskan frase awal, kira-kira setara dengan kata sandi yang dapat digunakan untuk mencadangkan semua alamat yang terkait dengan dompet. Jika frase awal hilang, Bitcoin atau crypto yang terkait dengannya akan hilang selamanya.

Jika Anda bersedia mengambil tanggung jawab itu, ada banyak pilihan dompet yang dapat digunakan untuk menyimpan dana Anda.

Kita akan melihat yang populer dompet desktop Electrum.

Setelah Anda mengunduh perangkat lunak dompet Electrum, setelah beberapa pengaturan awal, Anda akan diminta untuk membuat “seed frase” baru. Ini adalah “kata sandi” penting yang kami sebutkan. Tuliskan 12 kata tersebut. Ini adalah langkah yang paling penting, karena jika Anda kehilangan kata-kata ini, tidak ada meja bantuan untuk meminta uang Anda kembali. Sangat penting untuk menjaga kata-kata ini tetap aman dan offline. (Dengan kata lain, jangan simpan kata-kata ini di file di komputer atau ponsel Anda.)

Ada banyak dompet lain untuk dipilih, tetapi alur untuk dompet apa pun yang Anda pilih kira-kira sama: Unduh dompet (di desktop atau seluler), lalu tuliskan kata-kata penting yang tidak boleh hilang atau dibagikan. (Penting: Jika Anda pernah membagikan seed frase ini, penerima frase tersebut akan memiliki akses total ke konten dompet terkait.)

Cryptocurrency lain memerlukan dompet yang berbeda. MetaMask, misalnya, adalah browser populer dan dompet seluler yang digunakan untuk menjaga sendiri Ethereum dan token lain yang kompatibel. Phantom adalah dompet yang paling banyak digunakan untuk aset berbasis Solana dan Solana. Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Opsi lain dengan keamanan tambahan adalah menggunakan dompet perangkat keras, seperti Ledger atau ColdCard, yang menyimpan kunci di lingkungan offline, melindunginya dari potensi peretasan.

Pindahkan dana dari bursa
Setelah Anda memilih penyedia dompet Anda, sekarang saatnya untuk memindahkan dana Anda dari bursa dan ke dompet baru Anda—dompet yang Anda (dan hanya Anda) kendalikan. Pertama, Anda harus membuat alamat baru di dompet Anda untuk mengirim Bitcoin Anda (atau kripto lainnya). Di Electrum, Anda mengklik tombol “terima” untuk menghasilkan “alamat” Bitcoin, rangkaian angka dan huruf yang kacau, kira-kira mirip dengan alamat email. Di MetaMask, Phantom, dan dompet berbasis browser serupa lainnya, alamat telah dibuat, dan Anda harus mengeklik “Akun” atau “Setoran” atau tombol serupa untuk menyalin alamat itu ke clipboard komputer Anda.

At pertukaran pilihan Anda, katakanlah Coinbase misalnya, akan ada semacam tombol “Tarik” di halaman akun Anda untuk setiap aset Anda. Untuk mengirim dana ke dompet Anda, Anda harus mengklik tombol “Tarik” untuk aset yang sesuai (“Bitcoin” untuk dompet Bitcoin, “Ethereum” untuk dompet Ethereum, dan seterusnya), rekatkan di alamat dari dompet hak asuh sendiri yang Anda buat, dan klik “Kirim.”

Seringkali, Anda akan diminta oleh bursa untuk memastikan Anda menyalin alamat dompet yang benar, atau untuk mengonfirmasi bahwa Anda benar-benar ingin menarik dana Anda , tetapi mekanismenya akan sedikit berbeda tergantung pada pertukaran yang Anda gunakan.

Lubang kelinci hak asuh sendiri
Anda sekarang telah mengirim crypto Anda dari bursa ke dompet hak asuh sendiri Anda — jadi apa selanjutnya? “Lakukan penelitian Anda sendiri” (DYOR) adalah moto di bidang Bitcoin karena ada banyak informasi yang harus dilalui untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang cryptocurrency. Hak asuh sendiri dapat dianggap sebagai lubang kelincinya sendiri yang layak untuk ditelusuri. Ada opsi yang lebih kompleks untuk hak asuh sendiri di luar apa yang kami jelaskan di atas. Sebagai contoh, opsi dompet “multi-sig”, seperti Casa, menawarkan lebih banyak fleksibilitas. Alih-alih hanya satu kunci pribadi, dompet diamankan oleh beberapa sekaligus. Dengan begitu, jika pengguna kehilangan satu kunci, dananya masih aman. (Meskipun jika dua kunci hilang, sial.)

Beberapa pengguna mengukir frase benih mereka ke pelat logam untuk menambah ketenangan pikiran. Jika lokasi penyimpanan frase benih mereka terbakar, misalnya, frase benih harus tetap dapat dibaca.

Dan seperti yang ditunjukkan Neuman, pengalaman pengguna dalam pemeliharaan diri terus meningkat setiap saat. Pengalaman pengguna Casa, misalnya, tidak memerlukan penulisan atau mengingat frase awal. “Siapa pun dapat melakukannya. Kami yakin kami dapat terus menyempurnakannya dengan cara yang memungkinkan siapa pun di dunia untuk memegang kunci mereka sendiri dengan aman,” ujar Neuman.

Disclaimer

Pandangan dan opini yang diungkapkan oleh penulis hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan, investasi, atau lainnya.

Artikel ini disadur dari decrypt.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar