Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Dana Bitcoin terbesar baru saja mencapai rekor diskon -35% — Peringatan untuk harga BTC?

September 24th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), dana cryptocurrency yang saat ini memegang 3,12% dari total pasokan Bitcoin (BTC), atau lebih dari 640.000 BTC, diperdagangkan dengan diskon rekor dibandingkan dengan nilai aset dasarnya.

Kepentingan institusional di Grayscale mengering

On 23 September, kepercayaan tertutup senilai $12,55 miliar diperdagangkan dengan diskon 35,18%, menurut data terbaru.
Diskon GBTC versus harga spot BTC/USD. Sumber: YCharts
Untuk investor, GBTC telah lama menjadi alternatif yang bagus untuk mendapatkan eksposur di pasar Bitcoin meskipun biaya manajemen tahunan 2%. Ini terutama karena GBTC lebih mudah dipegang oleh investor institusi karena dapat dikelola melalui akun pialang.

Untuk sebagian besar keberadaannya, GBTC diperdagangkan dengan harga premium yang lumayan untuk melihat harga Bitcoin. Namun, Bitcoin mulai diperdagangkan dengan diskon setelah debut dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin Amerika Utara pertama di Kanada pada Februari 2021.

Tidak seperti ETF, Grayscale Bitcoin Trust tidak memiliki mekanisme penukaran. Dengan kata lain, saham GBTC tidak dapat dihancurkan atau dibuat berdasarkan permintaan yang berfluktuasi, yang menjelaskan harganya yang sangat didiskon dibandingkan dengan upaya spot Bitcoin.

Grayscale untuk mengubah kepercayaannya menjadi ETF gagal setelah penolakan Securities and Exchange Commission (SEC) pada bulan Juni. Secara teori, persetujuan SEC dapat mengatur ulang diskon GBTC dari level saat ini ke nol, menghasilkan keuntungan bagi mereka yang membeli saham dengan harga lebih murah.

Grayscale menggugat SEC atas penolakan aplikasi ETF-nya. Tetapi secara realistis, pengadilan bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk memberikan putusan, yang berarti investor akan tetap terjebak dengan saham GBTC yang didiskon, yang nilainya telah turun lebih dari 80% dari puncak November 2021 mereka sekitar $55.
Grafik harga harian GBTC. Sumber: TradingView
Juga, Rasio Sharpe yang disesuaikan selama 12 bulan GBTC telah turun menjadi -0,78, yang menunjukkan bahwa pengembalian yang diantisipasi dari saham tersebut relatif rendah dibandingkan dengan volatilitasnya yang sangat tinggi.
Rasio Sharpe yang disesuaikan selama 12 bulan GBTC. Sumber: PortfolioSlab.com
Sederhananya, minat institusional pada Grayscale Bitcoin Trust mengering.

Peringatan untuk harga spot Bitcoin?

Grayscale adalah kendaraan investasi Bitcoin pasif terbesar di dunia berdasarkan aset yang dikelola. Tapi itu tidak selalu menikmati pengaruh yang kuat di pasar spot BTC setelah munculnya kendaraan ETF saingannya.

Misalnya, dana investasi crypto telah menarik total gabungan hampir $414 juta pada tahun 2022, menurut laporan mingguan CoinShares. Sebaliknya, Grayscale telah menyaksikan arus keluar sebesar $37 juta, yang mencakup Bitcoin, Ethereum, dan kepercayaan token lainnya.
Aliran dana menurut penyedia. Sumber: CoinShares
Sebaliknya, fluktuasi harian harga Bitcoin spot sangat didorong oleh faktor makro, setidaknya untuk saat ini.
NDAQ versus grafik harga harian BTC/USD. Sumber: TradingView
Dolar AS yang lebih kuat juga merugikan prospek kenaikan Bitcoin, mengingat korelasi negatif yang konsisten selama setahun terakhir dalam lingkungan suku bunga yang lebih tinggi.

Terkait: Perusahaan pertambangan BTC Compute North mengajukan kebangkrutan

Misalnya, indeks dolar AS (DXY), yang mengukur kekuatan greenback terhadap sekeranjang mata uang asing utama, telah naik lebih dari 113, tertinggi 20 tahun, pada 23 September. Demikian pula, imbal hasil pada surat utang AS 2-tahun dan 10-tahun telah naik menjadi 4,21% dan 3,69%, masing-masing.
A.S. indeks dolar versus imbal hasil Treasury AS 10-tahun dan AS 2-tahun. Sumber: TradingView
Beberapa metrik on-chain, bagaimanapun, menunjukkan bahwa Bitcoin dapat segera turun berdasarkan data historis. Namun, dari sudut pandang teknis, harga BTC masih berisiko turun menuju area $14.000-$16.000, menurut analis independen il Capo dari Crypto.
BTC/USD grafik harga delapan jam. Sumber: TradingView/Capo dari Crypto
Kemungkinan besar [Bitcoin] akan menolak pada resistensi pertama 20300-20600,” katanya sambil mengutip grafik di atas, menambahkan:
“Tunggu bouncing, lalu keluar dari semua pasar.”
Other Analis Bitcoin telah memberikan target yang lebih rendah seperti $10.000–$11.000, karena ini merupakan rentang volume tinggi historis.  

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar