Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Industri crypto Brasil mendapatkan kejelasan peraturan di tengah ketidakpastian global

December 5th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Saat komunitas crypto global masih menjilat lukanya dari keruntuhan FTX, krisis likuiditas terus menyebar di sekitar bursa terpusat dan keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Segera diputuskan apakah peraturan yang akan datang dipicu oleh kebangkrutan FTX akan membawa lapisan perak ke crypto.

Deputi Brasil, majelis rendah badan legislatif federal negara itu, telah mengesahkan kerangka peraturan yang melegalkan penggunaan cryptocurrency sebagai metode pembayaran di dalam negeri.

Diperkirakan 10 juta orang Brasil, atau sekitar 5% dari populasi, memperdagangkan aset kripto.

Pertukaran terpusat terbesar di Brasil adalah bisnis lokal bernama Mercado Bitcoin, dengan sekitar tiga juta pengguna. Pemain internasional seperti Coinbase atau Gemini tidak memiliki kehadiran yang relevan di Brasil.

Dengan demikian, kebangkrutan global seperti FTX tidak mempengaruhi pasar blockchain di Brasil sekuat di Amerika Serikat atau Eropa.

Berita peraturan baru-baru ini dari Brasil memberikan secercah harapan karena negara-negara lain di seluruh dunia menargetkan industri cryptocurrency tanpa membedakan antara aktor baik dan buruk, terutama di AS dan Eropa.

Dalam postingan blog berjudul “Bitcoin`s last stand,” Bank Sentral Eropa memperingatkan bank agar tidak berinteraksi dengan mata uang digital karena dapat mencemari reputasi mereka, mengklaim BTC hampir tidak digunakan untuk transaksi legal dan bahwa perhatian peraturan yang saat ini diterimanya dari pembuat undang-undang di seluruh dunia dapat “disalahpahami sebagai persetujuan.”

Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC) A.S. terus secara agresif mengawasi pasar aset komoditas digital baru. Menurut sebuah laporan dari CFTC, total 82 tindakan penegakan hukum diajukan pada tahun fiskal 2022, membebankan $2,5 miliar dalam “restitusi, pencabutan, dan hukuman moneter sipil baik melalui penyelesaian atau litigasi.”

Meskipun kerangka kerja yang dipilih oleh Kongres Brasil tidak t membuat Bitcoin legal tender seperti yang dicapai di El Salvador, melegalkan crypto sebagai metode pembayaran adalah langkah positif untuk mendorong bisnis lokal untuk mengadopsi dan bertransaksi menggunakan crypto.

Presiden Salvador Nayib Bukele mengumumkan bahwa negara tersebut akan menerapkan strategi perdagangan rata-rata biaya Dolar untuk mengakumulasi Bitcoin. Setelah membeli sebagian besar cadangan Bitcoinnya di ketinggian pasar, El Salvador saat ini menemukan sebagian besar investasi kripto berada di bawah air.

Lanskap crypto saat ini di Brasil 

Brasil terus mempersiapkan regulasi aset token dan administrasi saat ini telah mengambil sikap positif terhadap inovasi keuangan selama beberapa tahun terakhir, tetapi tidak ada yang mengharapkannya untuk dipilih secara tiba-tiba.

Orang Brasil Komisi Sekuritas dan Pertukaran sedang mengejar perubahan dalam kerangka hukum negara terkait regulasi cryptocurrency. Pada tahun 2021, regulator sekuritas menyetujui struktur kotak pasir untuk pengujian perusahaan dan solusi blockchain.

Bank Sentral Brasil juga berbagi tujuannya untuk menciptakan percontohan mata uang digital berdaulat negara tersebut sebelum akhir tahun.

Baru-baru ini: Keruntuhan FTX tidak akan memengaruhi penggunaan kripto sehari-hari di Brasil: Transfero CEO

Luis Felipe Adaime, CEO Moss.earth — teknologi iklim Brasil yang mengembangkan solusi berbasis blockchain untuk membantu perusahaan mengimbangi karbon — mengatakan kepada Cointelegraph:
“Bank Sentral berinovasi secara besar-besaran pada tahun 2020 dengan `PIX,`, metode pembayaran instan elektronik yang telah diterima secara luas di negara ini. Mempertimbangkan keberhasilannya sejauh ini, saya akan membayangkan bahwa langkah alami berikutnya adalah memiliki `PIX` on-chain.” Kerangka hukum
Brazil menyatakan bahwa bank sentral akan menentukan aturan, dan lisensi akan diperlukan untuk perusahaan mana pun yang menukar fiat dengan kripto atau menawarkan penyimpanan kripto dan produk terkait kripto.

“Persyaratan lisensi akan membatasi siapa yang dapat berpartisipasi dan menjalankan operasi semacam ini, proses persetujuan oleh bank sentral dapat membatasi pasar.” Thiago César, CEO penyedia on-ramp Transfero Group, mengatakan kepada Cointelegraph, menambahkan, “Tidak ada alasan mengapa presiden tidak akan menyetujui undang-undang ini, ini adalah langkah terakhir dan dia mungkin akan melakukannya karena ada tekanan besar dari bank sentral untuk menerima kerangka hukum.”

Presiden Brasil saat ini, Jair Bolsonaro, mengandalkan Kementerian Ekonomi dan saran dari calon teknis untuk keputusan ekonomi yang rumit dan kemungkinan akan menyetujui kerangka tersebut sebelum meninggalkan jabatannya pada 11 Januari. 1, 2023.

Kerangka peraturan yang jelas akan membawa lebih banyak kepastian hukum bagi beberapa pemain institusional untuk berpartisipasi tetapi tidak berarti Brasil terhalang dalam hal inovasi dalam bidang ini.

Bank dan lembaga keuangan mungkin berani menawarkan produk baru seperti pinjaman kredit dengan crypto dan bahkan mungkin pengiriman uang kripto dengan lingkungan baru yang diatur di Brasil ini. Tiga bank besar di Brasil sudah menawarkan produk terkait crypto sebelum Kongres Brasil meloloskan RUU tersebut.

Siapa yang paling diuntungkan dari peraturan baru ini?

Meskipun stagnasi PDB dalam dua dekade terakhir, Brasil memiliki skenario inflasi rendah yang relatif jinak — terutama bila dibandingkan dengan negara tetangga Argentina dan Venezuela — dan telah menerapkan inovasi keuangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Regulasi positif memungkinkan dana terdaftar dan instrumen yang diperdagangkan secara publik untuk membeli kripto mereka secara lokal alih-alih pergi ke luar negeri.

Dana investasi di Brasil hanya diperbolehkan untuk membeli aset crypto di bursa yang diatur. Ini menciptakan skenario di masa lalu, di mana dana yang ingin mengalokasikan sebagian dari investasinya di crypto harus menggunakan pertukaran internasional yang diatur dalam yurisdiksi yang berbeda. Apa pun yang menjembatani likuiditas antara berbagai yurisdiksi dan Brasil adalah peluang yang sangat menarik. Seorang investor internasional akan menghadapi proses birokrasi yang tidak terlalu rumit dan bisnis lokal dapat mengakses lebih banyak modal.

“Saya percaya orang Brasil mendapat manfaat besar dari inovasi keuangan dan teknologi seperti kebangkitan fintech dan adopsi blockchain, dengan akses yang lebih luas ke kredit yang lebih murah, tumbuh investasi dan perdagangan crypto,” kata Adaime. Inisiatif

DeFi yang melibatkan stablecoin Brasil seperti Celo Brazilian real (cREAL) dan Brazilian Digital Token (BRZ) membuat investasi asing langsung lebih mudah dengan memungkinkan pemegang stablecoin internasional mendanai usaha kecil dan menengah lokal.

Terkait: Luiz Inácio Lula da Silva memenangkan presiden Brasil race — Apa artinya ini bagi crypto?

Brazil adalah pasar yang sangat terpencil secara finansial dari seluruh dunia karena sifat mata uang lokalnya yang membatasi. “Satu-satunya mata uang yang dapat digunakan di Brasil adalah real Brasil sehingga tidak ada pembelian dalam USD atau rekening bank mata uang asing. Ini membuat mata uang lokal cukup kuat.” Cesar menambahkan:
“Secara alami, pemain lokal mengharapkan regulator bersikap keras terhadap pemain internasional sehingga mereka memiliki kesempatan bertarung yang lebih baik.”
Pertukaran internasional di Brasil seperti Binance, ByBit, dan Crypto.com berkembang pesat dan menyerbu pasar dengan lebih baik penawaran produk, lebih banyak likuiditas dan pembukuan yang lebih likuid dan terintegrasi secara global.

Sekelompok bursa lokal sangat vokal tentang bursa internasional yang beroperasi di Brasil tanpa jenis regulasi apa pun. Pertukaran lokal itu memainkan peran besar dalam mendorong pemungutan suara oleh Kongres terjadi secepat mungkin.

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar