Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Jaksa NYC Menyelidiki Peran Sam Bankman-Fried dalam Keruntuhan TerraUSD: Laporan

December 8th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Apakah Sam Bankman-Fried memiliki andil dalam runtuhnya blockchain Terra dan stablecoin Luna-nya? Menurut laporan hari Rabu oleh New York Times, jaksa penuntut Manhattan sedang memeriksanya. Penuntut Federal sedang menyelidiki apakah pendiri FTX memanipulasi harga pasar dari dua mata uang yang saling terkait awal tahun ini, kata Times. Publikasi tersebut menggemakan kesimpulan dari analis blockchain lainnya yang menyatakan bahwa keruntuhan Terra dan Luna pada akhirnya menyebabkan kegagalan besar FTX.

“U.S. jaksa di Manhattan sedang memeriksa kemungkinan bahwa Tuan Bankman-Fried mengarahkan harga dari dua mata uang yang saling terkait, TerraUSD dan Luna, untuk menguntungkan entitas yang dia kendalikan, termasuk FTX dan Alameda Research,” kata laporan itu.

TerraUSD (UST), diproduksi oleh Terraform Labs, adalah stablecoin algoritmik. Itu dirancang untuk mempertahankan pasaknya terhadap dolar AS melalui jaringan arbitrase, yang membeli dan menjual cryptocurrency Terra, LUNA.

TerraUSD kehilangan pasaknya terhadap dolar AS pada bulan Mei setelah Terraform Labs membanjiri pasar dengan token Luna untuk menopang 1: 1 pasak UST ke dolar. Minggu berikutnya melihat stablecoin yang dulu perkasa tergelincir lebih jauh dari pasaknya, memotong harga token Luna menjadi sepersekian sen.

Menurut Times, tindakan drastis itu didorong oleh semburan pesanan penjualan untuk TerraUSD, yang merupakan sumber yang tidak disebutkan namanya katanya berasal dari FTX. Pada saat yang sama, FTX telah memendekkan harga Luna, dalam upaya nyata untuk menghasilkan “keuntungan besar.”

“Sebaliknya, bagian bawah jatuh dari seluruh ekosistem TerraUSD-Luna,” baca laporan tersebut. FTX pada bulan November, bursa dan pendirinya yang penuh teka-teki telah mendapat pengawasan ketat dari regulator dan pejabat di seluruh dunia, yang juga bergulat dengan “penularan crypto” yang terus menjatuhkan bisnis cryptocurrency lainnya. Pertarungan hukum antara Amerika Serikat dan Bahama pemerintah saat ini sedang dalam proses untuk menentukan negara mana yang memiliki yurisdiksi atas kasus FTX.

Menurut Times, penyelidikan potensi keterlibatan Bankman-Fried dengan TerraLuna masih dalam tahap awal.

Apa yang terjadi di FTX menghebohkan.

Tapi jangan bingung tindakan buruk individu dengan aset dasar. Kode tersebut tidak bersalah atas apa pun.

Komite Perbankan Senat harus membawa SBF untuk sidang. pic.twitter.com/nuo8a7ZKEM

— Senator Pat Toomey (@SenToomey) 2 Desember 2022

Bankman-Fried telah didesak untuk menghadiri sidang Komite Jasa Keuangan DPR pada 13 Desember 2022. Dia juga dipanggil ke sidang Komite Perbankan Senat pada sidang berikutnya hari.

Masih belum jelas apakah Bankman-Fried berencana untuk menghadiri kedua sidang tersebut.

Artikel ini disadur dari decrypt.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar