Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Keruntuhan Terra Menghancurkan Keyakinan pada Stablecoin. Bisakah Pembuat Mengembalikannya?

October 3rd, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

DAI tidak pernah mengatakan die.

Beberapa orang menyebut desain DAI yang terlalu dijaminkan modalnya tidak efisien, tetapi salah satu insinyur protokol MakerDAO mengatakan itu sebabnya DAI telah menjadi stablecoin terdesentralisasi terbesar dan terlama di pasar.

“Dari prinsip-prinsip pertama untuk desain keseluruhan sistem, kami memilih ketahanan dan keamanan,” kata Sam MacPherson di konferensi Mainnet Messari di New York bulan lalu.

Diluncurkan pada tahun 2017, desain dengan jaminan berlebihan berarti bahwa setiap $1 DAI yang beredar didukung oleh lebih dari $1 dalam cryptocurrency lain. Rasio spesifik dapat bervariasi tergantung pada cryptocurrency yang Anda gunakan untuk mencetak, dengan cryptocurrency yang lebih fluktuatif atau kurang mapan memiliki rasio yang jauh lebih tinggi.

Memiliki lebih banyak agunan daripada DAI yang beredar menjaga sistem agar tidak berantakan jika pasar crypto pingsan dan tenggelam (seperti yang diketahui belakangan ini).

Desain ini sangat berbeda dari USDT Tether dan USDC Circle.

“Ini adalah off-chain yang dijamin secara terpusat,” kata MacPherson, berbicara tentang dua stablecoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. “Orang-orang akan memberikan dolar AS kepada penjaga seperti Circle, dan kemudian mereka akan mencetak USDC untuk itu. IOU ini kemudian dapat ditukarkan dengan dolar AS yang awalnya mereka setorkan.”

Stablecoin terpusat tersebut juga dilaporkan didukung oleh instrumen keuangan yang lebih tradisional, seperti tagihan perbendaharaan dan dolar aktual, daripada aset seperti Ethereum (ETH) atau Wrapped Bitcoin (WBTC) .

Apa yang mendukung DAI? Sumber: Desain DAI Stats.Maker juga berbeda secara dramatis dari eksperimen stablecoin yang membara yang merupakan UST Terra.

Pada bulan Mei, UST, yang pada saat itu menikmati kapitalisasi pasar sebesar $18,6 miliar dan gelar stablecoin terbesar keempat di pasar, meledak, memusnahkan investor secara global.

Tidak seperti DAI Tether dan Maker, UST adalah “stablecoin algoritmik”, yang didukung oleh mekanisme burn-and-mint unik yang terkait dengan token tata kelola Terra, LUNA. Untuk mencetak 1 UST, pengguna pertama-tama harus membeli LUNA dan kemudian menukar token senilai $1, secara efektif “membakarnya” dan menghapusnya dari peredaran.

Mereka juga dapat bergerak ke arah yang berlawanan, membakar 1 UST untuk LUNA senilai $1.

Mekanisme ini memberi spekulan peluang arbitrase. Setiap kali UST turun di bawah $1, misalnya, pengguna dapat membeli stablecoin yang didiskon dengan, katakanlah, $0,98, menukarnya dengan $1 LUNA (sesuai desain protokol) dan kemudian menjual $1 itu untuk mengantongi $0,02. Jelas, ini hanya uang receh, tetapi pemegang besar dapat menghasilkan keuntungan besar dengan memanfaatkan mekanisme ini dalam skala besar.

Bagian bawah jatuh ketika banyak dari pemegang besar yang sama mulai keluar dari ekosistem di tengah penurunan simultan Bitcoin. Sama seperti cryptocurrency No. 1 turun dari $39.700 menjadi sekitar $28.900 dalam rentang tiga hari yang mengerikan, kapitalisasi pasar UST runtuh menjadi lebih dari $1 miliar.

Hari ini, UST diperdagangkan pada $0,03 dan memiliki kapitalisasi pasar sedikit di atas $304 juta.

Selain merusak investor, penghancuran Terra juga membawa pengawasan baru ke seluruh ruang kripto—dan di beberapa kalangan arus utama, hal itu telah menjadikan konsep “stablecoin” sebagai lelucon. (“Tidak terlalu stabil,” seperti lelucon yang jelas.)

Dua jalur untuk MakerDAO
Rune Christensen, pendiri MakerDAO, baru-baru ini menulis proposal besar yang meletakkan dua jalur ke depan untuk proyek tersebut. Itu bisa menjadi neobank yang sepenuhnya diatur berikutnya atau menjadi mode goblin penuh dan “diperlakukan sebagai sesuatu yang lain.” Postingan tersebut mengumpulkan daya tarik di seluruh industri, khususnya untuk implikasinya terhadap DAI. Namun, Macpherson menjelaskan bahwa masa depan Maker tidak sesederhana itu.

“Saya kira tidak terlalu ekstrim sehingga kita perlu menjadi bank yang teregulasi,” katanya. “Ada jalan tengah yang selalu dipertahankan DAI, di mana Anda mendapatkan yang terbaik dari semua dunia di mana kami secara aktif berinvestasi ke aset dunia nyata yang diatur oleh perusahaan.”

Di samping berbagai cryptocurrency terdesentralisasi, sebagian dari DAI juga didukung oleh aset seperti faktur pengiriman barang dan piutang dagang dari perusahaan nyata di bidang daging. Baru-baru ini, Maker bermitra dengan Huntington Valley Bank, menawarkan pinjaman $ 100 juta kepada bank, yang secara efektif menjadi “batas kredit grosir,” kata MacPherson.

Jenis jaminan ini disebut aset dunia nyata (RWA).

Jalan tengah insinyur akan demikian terus memasukkan lebih banyak bisnis ke crypto sambil mempertahankan protokol terdesentralisasi tanpa izin “pada intinya.”

Dan di tengah tindakan keras peraturan yang lebih luas, ia berharap untuk melihat peraturan yang mencegah peristiwa seperti Terra, daripada menggesek dengan “kapak raksasa yang membahayakan banyak proyek yang bermaksud baik di luar angkasa.”

Masih harus dilihat apakah regulator akan berbagi keyakinan MacPherson dalam proyek tersebut.

Artikel ini disadur dari decrypt.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar