Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Korelasi Bitcoin dan Emas Melonjak ke Tertinggi Tahunan

October 6th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Investor saat ini melarikan diri dari bitcoin dan emas di tengah penguatan Dolar AS dan kenaikan suku bunga. Hal ini berdampak negatif pada keduanya – kripto dan logam mulia terbesar di dunia.

Akibatnya, korelasi antara keduanya telah bergeser dan mencapai level tertinggi dalam lebih dari setahun.

Bitcoin dan Korelasi Emas

Selama setahun terakhir, bitcoin sebagian besar telah tidak berkorelasi dengan emas. Korelasinya berkisar antara negatif 0,2 dan positif 0,2. Namun, tahun ini khususnya untuk mata uang kripto maupun pasar tradisional.

Beberapa narasi telah dipatahkan, termasuk bitcoin yang dipuji sebagai “emas digital” dan lindung nilai terhadap inflasi yang mirip dengan logam kuning. Faktanya, BTC dan emas telah mengalami penurunan nilai yang signifikan karena inflasi memecahkan rekor tertinggi.

Sementara pengetatan kebijakan moneter global menyeret bitcoin turun lebih dari 70% sejak tertinggi sepanjang masa November lalu, emas kehilangan 10% dari YTD-nya keuntungan. Serangkaian kenaikan suku bunga AS yang agresif tahun ini harus disalahkan, yang telah merusak daya tarik logam non-yielding.

Gold gagal bertindak sebagai aset safe-haven bahkan ketika inflasi inti tetap tinggi secara persisten. Ini menghasilkan korelasi tinggi tahun +0,4, yang menggambarkan pergeseran struktur pasar, menurut Kaiko Research.
Bitcoin-Gold Correlation. Sumber: Kaiko Research
2022 Keyakinan Investor yang Terguncang

Bitcoin tampaknya telah kehilangan sebagian besar lindung nilai inflasi dan narasi penyimpanan nilai di pasar meskipun pasokan tetap dan kebijakan moneter yang diperketat. Investor saat ini terpikat oleh aset berisiko rendah, dan menurut pakar pasar, cryptocurrency masih dipandang sebagai aset volatil yang lebih baru untuk menjadi lindung nilai bahkan karena dianggap sangat menguntungkan bagi investor jangka menengah dan panjang. .

Sisi baiknya, tingkat hash yang tinggi, akumulasi sentimen yang mendominasi di antara pemegang jangka panjang, pasokan nilai tukar yang rendah, dan meningkatnya minat institusional mungkin terbukti bermanfaat bagi potensi reli BTC.

Agar emas pulih, di sisi lain, pasar harus mencapai puncak hawkishness. Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank, dalam sebuah catatan baru-baru ini, menyatakan,

“Emas dan logam semi-investasi lainnya seperti perak dan platinum kemungkinan akan terus berada di bawah tekanan sampai pasar mencapai puncak hawkish, berpotensi tidak sebelum 4% tercapai dalam hasil 10-tahun dan dolar memeras setiap posisi short yang tersisa. Apakah titik balik akan tercapai sebelum akhir tahun masih harus dilihat.”

Artikel ini disadur dari cryptopotato.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar