Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Menskalakan Ethereum? Co-Founder Arbitrum Mengatakan Proyek Harus Mempertimbangkan 3 Poin `Kritis`

September 28th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Perlombaan untuk membuat Ethereum lebih cepat memanas.

Dengan Polygon meluncurkan teknologi zero-knowledge baru, StarkWare mengumumkan token airdrop, dan pasar NFT OpenSea mengintegrasikan Optimisme, ada banyak pesaing untuk menskalakan jaringan crypto teratas untuk DeFi dan NFT.

“Pada akhirnya, ini adalah ruang yang besar, dan kue yang besar,” CEO dan salah satu pendiri jaringan lapisan-2 Arbitrum Stephen Goldfeder mengatakan kepada Decrypt di Mainnet. “Ada banyak peluang berbeda bagi tim yang berbeda untuk bereksperimen, pada dasarnya, dengan teknologi penskalaan yang berbeda dan pertukaran yang berbeda.”

Arbitrum adalah salah satu dari banyak yang disebut solusi rollup yang secara efektif memindahkan operasi Ethereum ke luar rantai untuk mengurangi kemacetan di mainnet jaringan. Setelah aktivitas selesai, itu kemudian dikompresi menjadi satu transaksi di blockchain.

Dari pertukaran ini, Goldfeder mengatakan ada tiga poin “penting” yang perlu dipertimbangkan tim: Skalabilitas, keamanan, dan kompatibilitas. Solusi penskalaan ini harus cepat, andal, dan dapat dioperasikan dengan dunia kripto yang lebih luas.

Tapi melakukan ketiganya sekaligus adalah hal yang sulit.

“Jika Anda ingin menskalakan EVM [Ethereum Virtual Machine] dengan mengorbankan keamanan, kami tahu cara melakukannya. Semua orang tahu bagaimana melakukan itu,” katanya. “Aktifkan saja dan buat sangat, sangat sulit untuk menjalankan node, tetapi tingkatkan kapasitasnya.”

Apa yang dimaksud Goldfeder adalah bahwa saat Anda meningkatkan throughput, persyaratan perangkat keras untuk masing-masing node juga meningkat. Saat ini meningkat, demikian juga biaya pengoperasian dan pemeliharaan node, menyingkirkan penggemar kripto individu, dan menjadikan satu-satunya entitas yang memenuhi syarat sebagai perusahaan yang lebih besar.

Pada dasarnya, rute ini akan menciptakan kembali aspek besar yang terpusat dari kumpulan data berukuran Google.

Hal ini tidak hanya membatasi kemampuan jaringan untuk melakukan desentralisasi, tetapi juga dapat menjadi masalah keamanan karena ada lebih sedikit node yang memantau jaringan untuk perilaku jahat apa pun.

Goldfeder dan timnya juga bukan pendatang baru dalam masalah keamanan. Baru minggu lalu, seorang peretas topi putih menemukan bug di Arbitrum yang bisa menyebabkan pencurian lebih dari $530 juta.

“Kami sangat berterima kasih atas white hat, dan pengguna dapat yakin bahwa itu telah dimitigasi dengan baik dan tidak dieksploitasi. Dan semua dana pada sistem saat ini tidak rentan,” katanya kepada Decrypt.

Arbitrum`s adopsi dan compatibility
Dan untuk poin terakhir, Goldfeder berpendapat kompatibilitas, tidak hanya antara proyek yang berbeda, tetapi juga di antara tim pengembang, sangat penting untuk pertumbuhan.

“Jika Anda seorang pengembang, dan Anda telah menulis kode di Ethereum, kode Anda akan bekerja di luar kotak di Arbitrum,” katanya. “Itulah mengapa kami memiliki adopsi yang begitu luas karena sangat mudah bagi para pengembang ini untuk diluncurkan.”

Saat ini, Arbitrum memimpin adopsi di antara solusi rollup lainnya, yang menawarkan integrasi dengan lebih dari 120 protokol berbeda, menurut situs metrik DeFi Llama.

Market berbagi di antara berbagai solusi rollup. Sumber: DeFi Llama. Adopsi protokol juga telah disesuaikan dengan pangsa pasar; Arbitrum saat ini memerintahkan lebih dari $977 juta dalam nilai total terkunci, sebuah metrik yang mendekati jumlah dana yang mengalir melalui protokol atau aplikasi pada jaringan tertentu.

Runner-up tidak jauh di belakang, dengan Optimism hosting lebih dari $878 juta total nilai terkunci di 74 protokol.

Pada hari-hari awal seperti itu, celah ini juga dapat ditutup dengan cepat. Mungkin itu sebabnya Goldfeder mengatakan tim Arbitrum sedang menyiapkan beberapa “inisiatif yang sangat bagus” untuk diumumkan “sangat, segera.”

Artikel ini disadur dari decrypt.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar