Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

MiCA sudah menghambat adopsi stablecoin di UE

September 25th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Lanskap aset digital di Uni Eropa berkembang menjelang pengesahan kerangka regulasi Markets in Crypto-Assets (MiCA) yang bertujuan untuk menanamkan kejelasan peraturan seputar aset kripto. Meskipun bermaksud baik, struktur MiCA saat ini dapat menghambat inovasi. Tetapi jika versi revisi dari kebijakan ini disahkan, Uni Eropa bisa menjadi salah satu pemimpin di ruang pembayaran digital. Jika tidak, maka ada kemungkinan benua akan tertinggal.

MiCA bertujuan untuk menetapkan kerangka peraturan untuk industri aset kripto di dalam UE. Pada titik ini, masih banyak yang perlu dikodifikasi dan diklarifikasi, tetapi garis besarnya sekarang diketahui.

Secara bersamaan, perusahaan teknologi keuangan Circle meluncurkan stablecoin yang disebut Euro Coin (EUROC). Euro Coin menerapkan model cadangan penuh yang sama dengan USD Coin (USDC) perusahaan yang ada. Mata uang dolar Amerika Serikat digital tepercaya ini digunakan di seluruh bursa terpusat dan terdesentralisasi dan saat ini memiliki peredaran lebih dari $55 miliar. Oleh karena itu, dirancang untuk stabilitas, EUROC 100% didukung oleh euro yang disimpan di perbankan berdenominasi euro dan dapat ditukarkan 1:1 untuk euro.

Terkait: Biden merekrut 87.000 agen IRS baru — dan mereka datang untuk Anda

Sementara dua berita ini seolah-olah tampak seperti kemajuan positif untuk crypto di Eropa, semuanya tidak seperti yang terlihat. Kerangka kerja MiCA membatasi volume pembayaran stablecoin hingga $200 juta per hari. Batas ini terlalu rendah untuk mengukur keberhasilannya dan pada akhirnya hanya membantu dalam menghambat inovasi dan menghambat apa yang dapat ditawarkan oleh aset ini. Ambil perspektif dari Belgia, di mana, mulai 1 Juli 2022, semua pedagang harus menawarkan setidaknya satu solusi pembayaran digital. Tapi, inilah masalahnya — cryptocurrency dan stablecoin tidak diterima sebagai bentuk pembayaran digital yang valid berdasarkan ketentuan ini. Keterbatasan

MiCA menahan potensi EUROC dan aset digital lainnya. Dan, kecuali hambatan ini diatasi, UE mungkin tidak melihat jenis adopsi yang diperlukan untuk memimpin inovasi kripto dalam skala internasional. Dan, itu berisiko melihat peran Euro sebagai mata uang internasional sangat berkurang.

MiCA sikap yang tidak ramah, atau mungkin terlalu berhati-hati, pada aset digital tidak diragukan lagi akan berdampak besar pada proyek crypto yang ingin memulai di UE serta yang sudah mapan. Faktanya, Circle telah menjelaskan bahwa mereka tidak akan secara aktif memasarkan EUROC di yurisdiksi sampai kerangka kerja lebih jelas.

Ini adalah peluang besar yang terlewatkan bagi pasar UE untuk memimpin inovasi aset digital. Jauh dari pendekatan “ramah inovasi” yang dicari oleh MiCA, batasan yang diberlakukan oleh kerangka kerja tersebut mungkin pada akhirnya mengurangi daya tarik UE secara keseluruhan dan memaksa bisnis mata uang digital terkemuka keluar dari Eropa.

Sebagai alternatif, menyambut dan memanfaatkan EUROC — dan stablecoin sejenis lainnya — sebagai bentuk penyelesaian digital yang diterima dari penerbit yang telah dicoba dan diuji dapat menawarkan sarana untuk merampingkan proses pembayaran, menurunkan biaya, dan memberikan perlindungan tambahan bagi konsumen. Namun, jika volume transaksi legal tetap dibatasi secara sewenang-wenang pada $200 juta, adopsi kemungkinan juga akan dibatasi.

Terkait: Kerangka kerja kripto anemia Biden tidak menawarkan apa pun kepada kami. cara untuk membuat industri lebih tangguh dan melindungi pelanggan dengan lebih baik. Memang, di Eropa, ketika pelanggan menggunakan penjaga kripto, jika terjadi kebangkrutan, aset kripto tidak dapat disita oleh kreditur tetapi aset fiat bisa. Itu dianggap “pembayaran di muka.” Jadi, akses tambahan ke euro stablecoin berarti industri VASP yang lebih aman.
Cryptocurrencies, European Union, Europe, Law, Government, Bitcoin Regulation, Stablecoin, CircleCryptocurrencies, Uni Eropa, Eropa, Hukum, Pemerintah, Peraturan Bitcoin, Stablecoin, Circle
Pada akhirnya, MiCA kemungkinan merupakan langkah maju yang positif dan signifikan untuk regulasi aset kripto di UE. Namun, penting untuk memastikan bahwa peraturan tetap ramah inovasi dan netral teknologi dan, dengan demikian, mungkin ada validitas dalam panggilan dari Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde untuk kerangka kerja MiCA II. Kami mungkin tidak sepenuhnya setuju dengannya tentang apa yang seharusnya ada di dalamnya.

Ini harus mencakup penghapusan batasan volume stablecoin dan membuat ketentuan untuk mata uang digital, terutama stablecoin, untuk diakui dan didorong sebagai bentuk pembayaran di UE. Kurang dari itu​ dan penerbit serta inovator akan mencari yurisdiksi lain yang lebih berpikiran maju.

Mathieu Hardy adalah chief development officer di OSOM Finance. Penasaran tentang bagaimana dunia digital menawarkan taman bermain baru untuk ilmu sosial, ia memulai karirnya di manajemen perubahan TI sebelum beralih ke inovasi model bisnis digital.

Artikel ini untuk tujuan informasi umum dan tidak dimaksudkan untuk menjadi dan tidak boleh dianggap sebagai nasihat hukum atau investasi. Pandangan, pemikiran, dan pendapat yang diungkapkan di sini adalah milik penulis sendiri dan tidak mencerminkan atau mewakili pandangan dan pendapat Cointelegraph.

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar