Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Pakistan meluncurkan undang-undang baru untuk mempercepat peluncuran CBDC pada tahun 2025

December 5th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Regulator di seluruh dunia melihat mata uang digital bank sentral (CBDC) sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan fiat dengan mewarisi kecakapan finansial teknologi yang mendukung mata uang kripto. Pakistan bergabung dalam daftar ini dengan mengumumkan peraturan baru untuk memastikan peluncuran CBDC internal pada tahun 2025.

Bank Negara Pakistan (SBP) menandatangani undang-undang baru untuk Lembaga Uang Elektronik (EMI) — entitas non-bank yang menawarkan instrumen pembayaran digital — untuk memastikan penerbitan CBDC tepat waktu dalam tiga tahun ke depan. Bank Dunia membantu Pakistan merancang peraturan baru, menurut media lokal Arab News.

Selain kepatuhan waktu untuk peluncuran CBDC, peraturan tersebut menjamin tindakan pencegahan terhadap pencucian uang dan pendanaan teror sambil mempertimbangkan perlindungan konsumen dan persyaratan pelaporan.
Ikhtisar inisiatif CBDC Global. Sumber: Atlantic Council
Bank negara bagian, SBP, akan menerbitkan lisensi kepada EMI untuk penerbitan CBDC. Dalam pengumuman tersebut, Menteri Keuangan Asad Umar menyatakan bahwa penggunaan EMI dalam mempromosikan ekonomi digital akan melindungi lembaga keuangan dari ancaman keamanan siber. Wakil Gubernur SBP Jameel Ahmad bercita-cita membatasi korupsi dan inefisiensi yang dipicu oleh fiat melalui CBDC. Dia berkata:
“Peraturan penting ini merupakan bukti komitmen SBP terhadap keterbukaan, adopsi teknologi, dan digitalisasi sistem keuangan kami.”
Pembukaan lingkungan regulasi yang cepat menempatkan Pakistan di antara hampir 100 negara yang secara aktif terlibat dalam penelitian dan meluncurkan inisiatif CBDC.

Terkait: Bank sentral India menguraikan rencana CBDC rupee digital

Negara tetangga India juga baru-baru ini bergabung dalam perlombaan untuk meluncurkan CBDC buatan sendiri. Pada 22 November, Reserve Bank of India (RBI) mengumumkan rencana ambisius untuk meluncurkan percontohan CBDC ritel pada akhir tahun 2022. Bank sentral India, RBI, dilaporkan sedang dalam tahap akhir mempersiapkan peluncuran percontohan rupee digital ritel, yang awalnya akan diuji di antara 10.000 hingga 50.000 pengguna bank yang berpartisipasi.

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar