Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Penggabungan menurunkan konsumsi daya jaringan Ethereum lebih dari 99,9%

October 29th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

The Merge, yang dianggap sebagai salah satu peningkatan blockchain paling signifikan pada Ethereum (ETH) hingga saat ini, menurunkan konsumsi energi jaringan sebesar 99,9% segera.

Pada 15 September, blockchain Ethereum bermigrasi dari proof-of-work (PoW) ke mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS) dalam upaya untuk beralih ke blockchain hijau. Yang terjadi selanjutnya adalah penurunan tajam dalam konsumsi energi total jaringan Ethereum.
Indeks Konsumsi Energi Ethereum. Sumber: digiconomist.net
Sebelum peningkatan Gabung, pada tahun 2022, konsumsi energi Ethereum berkisar antara 46,31 terawatt hour (TWh) per tahun hingga 93,98 TWh per tahun. Konsumsi energi terendah untuk Ethereum tercatat pada 26 Desember 2019, sebesar 4,75 TWh per tahun.
Perkiraan konsumsi energi tahunan dalam TWh/tahun untuk berbagai industri. Sumber: ethereum.org
Mulai dari 15 Oktober, hari Penggabungan Ethereum, energi Ethereum turun lebih dari 99,9% dan terus mempertahankan penggunaan energi yang rendah. Akibatnya, jejak karbon jaringan saat ini mencapai 0,1 juta ton CO2 (MtCO2) per tahun.

Ketika diterjemahkan ke dalam satu transaksi Ethereum, konsumsi listrik serendah 0,03 kilowatt jam (kWh) dan jejak karbon mencapai 0,01 kgCO2 , yang menurut digiconomist, setara dengan energi yang digunakan saat menonton YouTube selama dua jam.

Terkait: Ethereum mencatat rekor likuidasi singkat ETH, menghapus $500 miliar dalam 2 hari

Meskipun perayaan seputar transisi Ethereum ke PoS, anggota komunitas menyuarakan keprihatinan terkait dengan sentralisasi blockchain dan pengawasan peraturan yang lebih tinggi.

Aspek sentralisasi menjadi jelas setelah Penggabungan, karena 46,15% node untuk menyimpan data, memproses transaksi, dan menambahkan blok blockchain baru dapat dikaitkan hanya dengan dua alamat.

Sementara pendukung Ethereum mengklaim bahwa siapa pun dengan 32 alamat ETH dapat menjadi validator, penting untuk dicatat bahwa 32 ETH, atau sekitar $41 ,416, bukan jumlah yang kecil untuk pemula atau trader biasa.

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar