Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Sepuluh Tahun Kemudian: Inilah Yang Menurut Vitalik Bagus Untuk Blockchain (dan Apa yang Tidak)

December 5th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Salah satu pendiri
Ethereum Vitalik Buterin menerbitkan sebuah posting blog pada hari Senin meninjau pengembangan berbagai kasus penggunaan blockchain selama beberapa tahun terakhir.

Dengan eksperimen bertahun-tahun sekarang di belakang ekosistem, pengembang telah mempersempit daftar aplikasi yang menurutnya paling layak mendapat perhatian di crypto.

Money: Aplikasi Paling Penting

Buterin memulai dengan menyoroti apa yang dilihatnya sebagai aplikasi paling penting – dan pertama – blockchain: menciptakan bentuk uang baru.

Secara khusus, dia mencatat bahwa warga negara hiperinflasi, seperti Argentina, memiliki banyak keuntungan dari menyimpan kekayaan mereka di crypto, dan menggunakan teknologi untuk memfasilitasi interaksi dengan sistem keuangan global.

Meskipun biaya dan kecepatan transaksi dulunya tidak praktis untuk menggunakan crypto sebagai alat pembayaran harian, pemutakhiran seperti Penggabungan telah membantu mendorong waktu penyelesaian yang lebih cepat di Ethereum, dan teknologi penskalaan seperti rollup menyediakan transfer yang jauh lebih murah daripada sebelumnya.

Stablecoin sangat bermanfaat, mengingat bahwa mereka mengkompensasi volatilitas jangka pendek crypto yang terkenal. Buterin melihat campuran stablecoin terpusat dan diatur DAO ada di masa depan, didukung oleh dunia nyata dan aset kripto.

DeFi, DAOs, dan Stablecoins

Programmer juga yakin ada tempat untuk keuangan terdesentralisasi (Defi) di masa depan – asalkan mengikuti model yang relatif sederhana yang berpusat di sekitar beberapa fungsi dasar tertentu.

“Keuangan terdesentralisasi, dalam pandangan saya, adalah kategori yang awalnya terhormat tetapi terbatas, [namun] berubah menjadi semacam monster yang terlalu dikapitalisasi yang mengandalkan bentuk pertanian hasil yang tidak berkelanjutan,” tulisnya. Terlepas dari masa lalunya yang spekulatif, Buterin menyebut stablecoin terdesentralisasi sebagai “produk Defi yang paling penting”, dengan pasar prediksi, dan aset sintetis lainnya juga layak disebutkan.

“Ada juga ruang untuk menggunakan satu aset sebagai jaminan untuk mengambil pinjaman dari aset lain, meskipun proyek semacam itu kemungkinan besar akan berhasil dan menghindari air mata jika leverage sangat terbatas (mis. tidak lebih dari 2x),” dia ditambahkan.

Sementara itu, Organisasi Otonomi Terdesentralisasi (DAO) dapat berfungsi sebagai struktur tata kelola yang efektif untuk aplikasi/bisnis yang memerlukan perlindungan dari penyerang luar, atau korupsi dari dalam.

MakerDAO adalah contoh model seperti itu ketika diterapkan pada stablecoin – meskipun kepemilikan token tata kelolanya masih cukup terkonsentrasi di antara beberapa pemegang. “Ini adalah model yang bagus untuk memulai stablecoin, tetapi bukan model yang bagus untuk jangka panjang,” kata Buterin.

Alasan lain untuk menggunakan tata kelola terdesentralisasi dapat mencakup peningkatan efisiensi dalam mengumpulkan masukan dari banyak sumber, dan interoperabilitas yang lebih baik dengan kaku lainnya, sistem terdesentralisasi.

Buterin juga menyebut solusi identitas terdesentralisasi (ENS, PoH, dll) dan aplikasi on-chain/off-chain hybrid (mis. voting) sebagai kasus penggunaan yang wajar untuk blockchain. Namun demikian, dia yakin blockchain menghadapi keterbatasan mendasar, dan sebagian besar ide potensial untuk teknologi tersebut kemungkinan besar telah dieksplorasi dalam kapasitas tertentu.

“Aplikasi rantai pasokan industri belum pergi kemana-mana. Amazon terdesentralisasi di blockchain belum terjadi, ”katanya.

Artikel ini disadur dari cryptopotato.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar