Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

SWIFT Mengeksplorasi Manfaat Jaringan CBDC Global

October 7th, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

The Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) melakukan uji coba selama 8 bulan pada berbagai teknologi dan mata uang digital bank sentral (CBDCs).

Menentukan bahwa produk moneter tersebut dapat mengambil bagian dalam ekosistem keuangan global dan membantu pembayaran lintas batas.

The Eksperimen CBDC

Awal tahun ini, SWIFT meluncurkan program yang bertujuan untuk menghubungkan sistem CBDC yang berbeda dan dengan demikian meringankan kesulitan dalam pemukiman lintas batas. Saat itu, Chief Innovation Officer Thomas Zschach mengklaim bahwa produk tersebut telah menjadi “titik buta” dan, digunakan bersama-sama, mereka dapat memungkinkan transaksi “tanpa gesekan” antara negara yang berbeda.

Siaran pers baru-baru ini mengungkapkan bahwa uji coba SWIFT telah berakhir, membuktikan bahwa CBDC adalah mampu memfasilitasi pembayaran internasional dan terselubung ke dalam fiat jika diperlukan.

Perlu dicatat bahwa pemain utama di bidang keuangan, seperti bank sentral Prancis dan Jerman, HSBC, Standard Chartered, dan UBS, juga berpartisipasi dalam percobaan. SWIFT menetapkan bahwa solusi CBDC baru dapat membantu lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia. 14 bank sentral dan komersial telah memasukkannya ke dalam infrastruktur mereka.

“Mata uang dan token digital memiliki potensi besar untuk membentuk cara kita semua membayar dan berinvestasi di masa depan. Namun potensi itu hanya dapat dilepaskan jika pendekatan berbeda yang sedang dieksplorasi memiliki kemampuan untuk terhubung dan bekerja sama.

Kami melihat inklusivitas dan interoperabilitas sebagai pilar utama ekosistem keuangan, dan inovasi kami merupakan langkah besar untuk membuka potensi masa depan digital.” – kata Zschach.

Digunakan oleh lebih dari 11.000 institusi dan 4 miliar akun di 200 negara, SWIFT sejauh ini merupakan sistem pengiriman pesan keuangan terbesar. Beberapa bulan yang lalu, itu memotong kemampuan Rusia untuk melikuidasi aset dan mentransfer dana di jaringannya karena konflik militer yang dimulai negara itu di Ukraina.

SWIFT Blockchain Experiment

Bulan lalu, entitas yang berbasis di Belgia bermitra dengan perusahaan fintech Symbiont Inc. untuk menguji kasus penggunaan teknologi blockchain. Lembaga moneter terkemuka seperti Citigroup, Vanguard, dan Northern Trust juga berpartisipasi dalam proyek tersebut.

Zschach meningkatkan harapan bahwa teknologi dasar crypto dapat membantu SWIFT “menyelaraskan data dari berbagai sumber acara aksi korporasi.”

Gambar Unggulan Courtesy of JapanTimes

Artikel ini disadur dari cryptopotato.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar