Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Vitalik Buterin Mengusulkan Cara untuk Mengurangi Sensor ETH

October 3rd, 2022 | Posted by Admin in Uncategorized

Jauh sebelum transisi jaringan Ethereum ke Proof-of-Stake (PoS), masalah sensor telah menjadi rebutan. Untuk mengurangi risiko ini, Vitalik Buterin telah mengusulkan “pelelangan blok parsial.”

Dalam posting blog terbaru, salah satu pendiri Ethereum menyarankan bahwa pembangun harus memiliki jumlah daya yang lebih terbatas untuk mencegah sensor ETH pasca Penggabungan. Alih-alih membiarkan mereka memiliki kendali penuh untuk membangun seluruh blok jika mereka memenangkan lelang, pembangun akan memiliki jumlah daya yang lebih terbatas.

Cara Membatasi Daya Produksi Blok

Menurut Buterin, pembangun akan mempertahankan kekuatan yang cukup untuk dapat menangkap hampir semua maksimal nilai yang dapat diekstraksi (MEV), serta manfaat lain dari pemisahan pengusul/pembangun (PBS). Tetapi, salah satu pendiri menggarisbawahi bahwa itu harus dilemahkan untuk “membatasi peluang untuk penyalahgunaan.”

Dengan demikian, tiga cara potensial untuk membatasi kekuatan produksi blok disajikan, yang mencakup: daftar inklusi, sufiks pengusul, dan sufiks pengusul pra-komit.
Paradigma daftar penyertaan adalah di mana pengusul menyediakan daftar penyertaan yang pada dasarnya terdiri dari daftar transaksi yang mereka minta harus dimasukkan dalam blok – kecuali pembangun mengisi blok sepenuhnya dengan transaksi lain. Terlepas dari kesederhanaan desain, pembangun masih dapat terlibat dalam beberapa penyalahgunaan kelemahan lain seperti masalah kompatibilitas insentif dan beban tambahan pada pengusul juga ada. Sufiks pengusul adalah konstruksi alternatif untuk memungkinkan pengusul membuat sufiks untuk blok. Niat pengusul tidak akan terlihat oleh pembuat saat mereka membangun blok, dan pengusul akan dapat menambahkan hingga akhir transaksi apa pun yang terlewatkan oleh pembuat. Mekanisme ini juga memiliki kelemahan serupa. Dalam sufiks pengusul pra-komit, pengusul melakukan pra-komit ke pohon Merkle atau KZG pada set transaksi yang ingin mereka sertakan dalam blok. Blok dibuat oleh pembangun sementara pengusul menambahkan sufiks, sehingga menghilangkan peluang MEV yang terakhir tetapi memperbaiki kelemahan lain juga.
Menurut Buterin, peran pengusul dan pembangun idealnya harus minimal. Namun, ini membuat banyak tugas penting lainnya tidak terisi, yang berarti pengenalan “aktor ketiga” dalam jalur produksi blok tidak dapat dihindari.

Kekhawatiran Sentralisasi

Terlepas dari perdebatan seputar sentralisasi di komunitas yang lebih luas, pengembang inti Ethereum tidak khawatir. Dalam panggilan pengembang pra-Penggabungan pada bulan Agustus, masalah ini diteliti panjang lebar, dan mayoritas dilaporkan menyetujui peningkatan desain MEV saat ini untuk meningkatkan PBS.

Setelah selesainya Penggabungan, data penambangan menyoroti ketergantungan signifikan Ethereum pada Flashbots, yang kebetulan menjadi server tunggal untuk blok bangunan. Ini cukup untuk memicu kekhawatiran sentralisasi atas satu titik kegagalan ekosistem. Data menunjukkan bahwa 83,5% dari semua blok relai ditemukan dibangun oleh Flashbots saja.

Artikel ini disadur dari cryptopotato.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar