Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Airdrop Arbitrum dan Dua Peluncuran zkEVM: Selamat datang di Musim Rollup

April 1st, 2023 | Posted by Admin in Uncategorized

Mendekripsi DeFi adalah buletin email Decrypt Decrypt. (art: Grant Kempster)Peluncuran layer-2 airdrop dan dua mainnet membuat pasar menuntut tindakan penskalaan lebih lanjut.

ADAPada tanggal 23 Maret, Arbitrum akhirnya mendistribusikan token ARB yang sangat dinantikan, mendesentralisasi inventarisnya ke tangan pengguna yang paling berdedikasi. Hype itu begitu sengit, meskipun, itu menurunkan situs web utama proyek serta Arbiscan — setara Etherscan Arbitrum — karena dompet yang memenuhi syarat dapat mengklaim airdrop mereka melalui salah satu situs. Dua solusi penskalaan lainnya telah bergabung di arena: zkSync dan Produk zkEVM serupa dari Polygon.

Peluncuran “tanpa pengetahuan” yang terakhir melihat transaksi pertamanya dilakukan tidak lain oleh Vitalik Buterin. Dia menulis pesan ke transaksi: “Beberapa juta kendala untuk manusia, skalabilitas tak terbatas untuk umat manusia.”

Dengan begitu banyak solusi memasuki pasar, lapisan-2 mana yang akan menangkap bagian terbesar pengguna? dengan Ethereum, dan memiliki peringatan yang relatif mirip pada labelnya. ZkSync dari Matter Labs secara eksplisit merupakan peluncuran “alfa”, dan Polygon menyebut penawarannya “beta”.

Ketika ditanya bagaimana orang awam diharapkan mengetahui perbedaannya. Anthony Rose, kepala teknik zkSync dan juga mantan insinyur di Musk`s SpaceX, mengatakan kepada Decrypt bahwa “sistem akan terlihat agak mirip sejak awal, tetapi begitu Anda memproyeksikannya enam bulan, empat bulan, atau lima tahun, ini akan terlihat sangat berbeda. .”

Hal ini disebabkan oleh berbagai pengorbanan dan pilihan desain yang telah dibuat oleh masing-masing tim.

Yang mengatakan, apa sebenarnya mereka?

Rollup terus ke bawah
Ketiga proyek yang disebutkan di atas adalah berbagai rollup. StarkWare dan Optimism juga menggunakan teknologi rollup.

ADAD Secara umum, ini beroperasi sebagai lapisan terpisah di atas jaringan Ethereum untuk meringankan beban mainnet. Alih-alih mengeksekusi pekerjaan di Ethereum, semua aktivitas yang sama seperti memperdagangkan koin atau mengambil pinjaman dilakukan pada rollup layer-2 ini. Sering kali, bukti bahwa aktivitas ini telah terjadi—seperti koin mana yang ditukar dan siapa yang meminjam apa—adalah dikompresi menjadi sedikit data. Sedikit data ini kemudian dikirim ke Ethereum untuk dieksekusi. Ini membantu menskalakan Ethereum dengan mengurangi data mentah yang menyumbat jaringan. Namun, ada perbedaan dalam cara penggabungan dirancang. Ini bermuara pada rollup tanpa pengetahuan (atau “zk”) atau apa yang disebut rollup optimis.

StarkWare, zkSync, dan penawaran Polygon telah memilih yang pertama, sementara Arbitrum dan Optimisme memilih yang terakhir.

Kedua desain ini berbeda dalam cara transaksi lapisan-2 terkompresi tersebut diverifikasi. Rollup yang menggunakan kriptografi tanpa pengetahuan harus memanfaatkan kekuatan komputasi yang besar dan kuat untuk mengompres bit data yang disebutkan di atas menjadi bukti. Rollup yang optimis tidak melakukan ini, sebaliknya memilih untuk menganggap setiap transaksi yang dilakukan pada lapisan-2 adalah sah dan valid, tetapi memberikan jendela tujuh hari di mana pengguna dapat menantang validitas tersebut. Perbedaan ini belum tentu terwujud dalam pemenang yang jelas , tetapi seperti yang disebutkan Rose dari zkSync, dalam beberapa tahun bidang ini kemungkinan akan terlihat sangat berbeda.

Bagi mereka yang penasaran, Arbitrum saat ini mendominasi peringkat lapisan-2 dengan $6 miliar terkunci dan 66% dari pasar. Ini juga sudah lama, diluncurkan secara resmi pada Agustus 2021.

Tetap saja, pengguna jelas tertarik dengan produk baru zkSync. L2 Beat menunjukkan peningkatan aliran uang baru dengan peningkatan sebesar 464%.

Sampai saat itu, biarkan game L2 dimulai.

Mendekripsi DeFi adalah buletin DeFi kami, yang dipimpin oleh esai ini. Pelanggan email kami dapat membaca esai sebelum dimuat di situs. Berlangganan di sini.

ADAD

Artikel ini disadur dari decrypt.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar