Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Harga Bitcoin naik, tetapi saham penambangan BTC bisa tetap rentan sepanjang tahun 2023

January 30th, 2023 | Posted by Admin in Uncategorized

saham penambangan
Bitcoin biasanya mengikuti harga BTC karena secara langsung memengaruhi pendapatan perusahaan. Saham-saham ini terpukul habis-habisan pada kuartal terakhir tahun 2022, terutama di bulan Desember. Penurunan setelah keruntuhan FTX diperparah dengan pengajuan kebangkrutan perusahaan pertambangan Bitcoin terbesar di AS, Core Scientific.

Selama ini, saham pertambangan lainnya, seperti Marathon Digital Holdings (MARA) pada grafik di bawah ini, menunjukkan korelasi yang lemah dengan harga Bitcoin. , menunjukkan bahwa penurunan bulan Desember mungkin berlebihan.
grafik harga MARA/USD dengan Indeks Koefisien Korelasi MARA-BTC. Sumber: TradingView
Tren negatif berbalik pada awal tahun 2023 karena sebagian besar saham pertambangan membukukan keuntungan yang mengesankan. Indeks saham pertambangan Indeks Hashrate, yang melacak harga rata-rata perusahaan manufaktur pertambangan dan perangkat keras yang terdaftar secara publik, meningkat sebesar 62,5% tahun ini. Lonjakan harga yang positif juga memulihkan korelasi kuat antara harga BTC dan saham pertambangan. Namun, industri pertambangan tetap berada di bawah tekanan, dengan tingkat keuntungan rendah diharapkan untuk waktu yang lama. Sejak Q2 2022, perusahaan pertambangan telah mendanai operasi penjualan BTC dari cadangan, menjual BTC yang baru ditambang, meningkatkan utang, dan menerbitkan saham baru. Kecuali jika harga Bitcoin berkonsolidasi di atas $25.000, industri kemungkinan akan menyaksikan beberapa upaya pengambilalihan atau penjualan treasury lebih lanjut untuk melunasi hutang.

Beberapa perusahaan pertambangan beroperasi dengan kerugian

Saat ini, rasio harga terhadap pendapatan (PE) perusahaan pertambangan teratas adalah negatif , menunjukkan bahwa mereka beroperasi dengan kerugian bersih, membuat harga saham mereka rentan terhadap penurunan tajam.

Riot Blockchain, Bitfarms Ltd, Hive Blockchain Technologies, Cleanspark Inc, Marathon Digital Holdings, dan Hut 8 Mining adalah perusahaan pertambangan Bitcoin publik terbesar dengan lebih dari 1% pangsa hashrate global. 15 perusahaan pertambangan publik teratas memiliki pangsa gabungan sekitar 19%.
Pangsa pasar perusahaan penambangan Bitcoin berdasarkan hashrate. Sumber: TheMinerMag
Tercatat, rasio PE sebagian besar perusahaan di industri ini adalah antara 0 dan 2, kecuali Marathon, Hive, dan Hut 8. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa perusahaan-perusahaan ini dapat dinilai terlalu tinggi pada penilaian mereka saat ini.
Rasio harga terhadap pendapatan perusahaan pertambangan teratas Sumber: CompaniesMarketCap.com
Posisi rugi bersih bukan alasan untuk menolak saham karena pasar biasanya berwawasan ke depan. Jika seseorang bullish jangka panjang pada Bitcoin, saham pertambangan adalah pilihan yang jelas. Namun, perusahaan-perusahaan ini harus bertahan melalui bear market sebelum menghasilkan buah dari bull run berikutnya.

Pemegang saham menderita kerugian karena kredit macet dan pengenceran

Perusahaan yang terbebani atau berhutang, yang harus memenuhi kewajiban bunganya, sangat tertekan dan rentan terhadap kebangkrutan.

Marathon, Greenidge, dan Stronghold memiliki utang lebih dari $200.000 per unit penambangan Bitcoin, dengan utang Marathon memuncak pada $1,1 juta per BTC yang ditambang. Marathon menjaminkan pinjamannya dengan Bitcoin dalam perbendaharaannya. Dan perusahaan tersebut sekarang memiliki 10.055 BTC senilai sekitar $235 juta.

Pada akhir Oktober 2022, Marathon mengambil pinjaman $100 juta, yang berisiko dilikuidasi jika harga Bitcoin turun di bawah nilai ambang pinjaman. Misalnya, jika ambang pinjaman adalah 150%, perusahaan akan terpaksa menjual sebagian BTC-nya untuk melunasi pinjaman jika harga Bitcoin turun di bawah $15.000.
Hutang per BTC yang dihasilkan oleh perusahaan pertambangan. Sumber: TheMinerMag
Dalam hal ini, sangat menggembirakan melihat bahwa Hive, Hut8, dan Riot sebagian besar bebas utang dan pada dasarnya berfungsi pada modal ekuitas. Hal ini mengurangi tekanan untuk membayar suku bunga atas hutang dan memberikan fleksibilitas dalam mengumpulkan dana atau memperluas dengan menyerap sebagian pangsa pasar yang tersisa dari operasi penambangan yang sekarang bangkrut.

Namun, ada cara lain untuk mengumpulkan dana. Alih-alih menambah utang, penambang bisa mencairkan saham mereka. Perusahaan meningkatkan investasi dari investor pasar publik dengan imbalan saham tambahan. Hal ini mengurangi rasio kepemilikan pemegang saham. Pertambangan Hut 8 dan Riot telah mencairkan 40% saham mereka di utara pada Q2 2022. Hut 8 kembali mencairkan sekitar 15% saham pada kuartal ketiga tahun yang sama.
Dilusi saham perusahaan pertambangan publik pada Q2 2022. Sumber: Hashrate Index
Kebutuhan untuk mengumpulkan uang telah membuat perusahaan-perusahaan yang berutang ini berisiko likuidasi, sementara kelebihan pengenceran juga secara signifikan mengurangi nilai kepemilikan investor.

Terkait: Hari-hari terburuk penambang Bitcoin mungkin telah berlalu, tetapi beberapa rintangan utama tetap ada

Mandat perusahaan pertambangan pada kepemilikan treasury

Sementara perusahaan pertambangan berjuang dengan profitabilitas, mereka bertekad untuk mempertahankan tingkat perbendaharaan Bitcoin mereka. Meskipun menderita kerugian sejak Q2 2022, Marathon mampu mempertahankan tingkat kepemilikan treasurynya.
Kepemilikan Treasury Bitcoin Marathon. Sumber: BitcoinTreasuries!Net
Pada saat yang sama, penambangan Hut 8 menggunakan kebijakan yang lebih agresif dalam menjual BTC yang ditambang. Ini telah menyebabkan peningkatan yang kuat dalam kepemilikannya sejak pertengahan 2022.
Perbendaharaan 8Hut telah meningkat sejak Juli 2021. Sumber: BitcoinTreasuries!Net
Di mana, lainnya seperti Riot dan Hive telah menggunakan perbendaharaan BTC mereka untuk menutupi biaya operasional dan ekspansi. Kepemilikan Hive telah berkurang secara signifikan sejak kuartal ketiga tahun 2022, dari 4.032 BTC menjadi 2.348 BTC. Hive mengandalkan perluasan armada penambang dan pengurangan biaya untuk menopang dirinya sendiri.

Jelas, perusahaan penambangan Bitcoin tetap rentan terhadap harga BTC, likuidasi utang, dan kerugian pemegang saham karena pengenceran yang berlebihan. Menurut analis on-chain dan pendiri Crypto Quant Ki Young Ju, 2023 akan melihat entitas mengambil alih seluruh perusahaan pertambangan dengan kesempatan untuk membelinya dengan harga diskon.

Meskipun tidak akan banyak mempengaruhi harga Bitcoin, saham pertambangan masih rentan terhadap ancaman kerugian yang cukup besar.

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar