Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Keuntungan bank berisiko dari potensi transformasi CBDC ekonomi global: Moody`s

March 23rd, 2023 | Posted by Admin in Uncategorized

Emerging teknologi transaksi lintas batas mata uang digital bank sentral (CBDC) dapat mengubah ekonomi global dengan menyediakan layanan yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih aman bagi banyak pemainnya. Tetapi bank mungkin tidak berjalan dengan baik dalam ekonomi baru itu, kata Moody`s Investor Service dalam laporan tertanggal 21 Maret. Banyak proposal untuk penggunaan CBDC di dalam negeri memperkirakan peran perantara yang penting bagi bank dalam operasi mereka, tetapi transaksi CBDC lintas batas akan bergantung pada infrastruktur yang sama sekali baru yang mengurangi peran bank secara lebih parah, kata Moody`s. Bank juga akan melihat manfaat dari teknologi baru ini. Risiko penyelesaian dapat dikurangi atau dihilangkan:
“Bank akan dapat melakukan, menghapus, dan menyelesaikan pembayaran lintas batas dengan biaya rendah dan dalam hitungan detik tanpa perlu mendaftar ke beberapa sistem pembayaran atau bergantung pada bank koresponden di negara lain.”
Inovasi yang sama juga akan “mengurangi keuntungan bank dari pembayaran, layanan koresponden dan kemungkinan juga dari transaksi valuta asing.” Peran bank koresponden bisa dihilangkan sama sekali. Tidak hanya itu:
“Dalam ekonomi yang digerakkan oleh CBDC, bank mungkin perlu mendesain ulang operasinya. Mereka mungkin diwajibkan untuk bergabung dengan jaringan baru dan membuat infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung interoperabilitas CBDC dalam skala besar, yang akan membebani sumber daya dalam jangka pendek. partisipasi Bank untuk Penyelesaian Internasional. “Bank sentral mungkin perlu berkompromi pada beberapa pengambilan keputusan agar CBDC mereka dapat dioperasikan,” kata Moody`s. Jika tidak, “pulau digital” dapat dibuat di antara kelompok kecil negara yang dapat bertransaksi satu sama lain tetapi tidak dengan negara lain.

Terkait: India, UEA akan menjajaki jembatan CBDC untuk memfasilitasi perdagangan, pengiriman uang tanpa USD

Masalah seperti Anti Pencucian Uang, sanksi, dan privasi akan membutuhkan kerangka hukum dan peraturan, dan dukungan untuk CBDC tidak bersifat universal. “Pejabat keuangan yang mendapat manfaat dari arsitektur yang ada kemungkinan besar tidak akan membantu memfasilitasi adopsi,” kata laporan itu. Nbsp
A. CBDC AS menghadapi tentangan dari beberapa anggota parlemen karena masalah privasi. Pertukaran langsung mata uang juga dapat mengurangi peran dolar AS dalam ekonomi dunia, yang tidak menambah daya tariknya di Kongres.
5. Moody`s Menurunkan Peringkat Seluruh Sektor Perbankan Moody`s Investors Service memangkas prospeknya untuk seluruh sektor perbankan AS dan menempatkan enam bank dalam peninjauan untuk potensi penurunan peringkat kredit setelah runtuhnya SVB dan Signature Bank. https://t.co/IcY2jjQF7Wpic.twitter.com/EvkwSaC58Z
— Investopedia (@Investopedia) 15 Maret 2023
Moody`s menurunkan peringkat sektor perbankan AS menjadi “negatif” pada 14 Maret. Moody`s telah memeriksa potensi efek gangguan CBDC pada perbankan komersial sebelum. Laporan ini keluar hampir bersamaan dengan laporan Departemen Keuangan AS yang merinci dampak potensial CBDC terhadap sistem perbankan domestik.

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar