Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Web3 topik hangat di SXSW meskipun bear market dan penurunan minat pada NFT

March 21st, 2023 | Posted by Admin in Uncategorized

Kelinci raksasa mengenakan pakaian trendi yang terletak di samping karakter kartun dengan pelangi mengalir keluar dari mulutnya berjejer di jalan-jalan South by Southwest (SXSW) tahun lalu. Ini karena dua proyek nonfungible token (NFT) — Doodles dan Fluf World — mendominasi SXSW 2022. 

Namun, proyek ini tidak ditemukan di SXSW 2023, yang menunjukkan kurangnya minat pada NFT tahun ini. Ini seharusnya tidak mengejutkan. Dengan harga crypto turun, ditambah dengan penurunan harga NFT dan volume perdagangan, sangat sedikit proyek yang tampaknya berfokus pada koleksi digital. Sebaliknya, SXSW 2023 dikuasai oleh merek-merek besar dan perusahaan konsultan yang menyombongkan janji Web3.

Brands mendiskusikan strategi Web3 di SXSW 2023

Avery Akkineni, presiden Vayner3 — sebuah perusahaan konsultan Web3 yang didirikan oleh Gary Vaynerchuck — memberi tahu Cointelegraph bahwa Web3 bergerak melampaui momen barunya dan menjadi implementasi strategis, itulah sebabnya teknologi menjadi topik hangat bagi para pemimpin bisnis di SXSW tahun ini. Dia berkata:
“Teknologi Web3 berpotensi mengganggu banyak industri, dari keuangan hingga perawatan kesehatan hingga media sosial, dengan mengaktifkan sistem yang lebih aman, transparan, dan efisien. Minat yang meningkat pada Web3 ini sangat penting karena menandakan pergeseran menuju era internet berikutnya, yang lebih mendalam, dipersonalisasi, dan dapat dimiliki oleh pengguna.”
Akkineni menambahkan bahwa dia yakin setiap merek harus meluangkan waktu untuk memahami Web3 dan menyusun strategi menuju dia. “Merek akan memanfaatkan Web3 dengan berbagai cara, mulai dari membuat saluran milik komunitas hingga menerapkan sistem manajemen rantai pasokan berbasis blockchain,” katanya.

Untuk menempatkan ini dalam perspektif, Vayner3 dan pertukaran cryptocurrency Coinbase menyelenggarakan makan siang selama SXSW yang mencakup diskusi panel berjudul “Web3 dan masa depan keterlibatan pelanggan: Bagaimana merek dapat tetap berada di depan kurva.”
Diskusi panel Coinbase dan Vayner3 di SXSW 2023. Sumber: Vayner3
Rachel Weiss, wakil presiden L`Oreal Bold Ventures — dana ventura strategis L`Oreal — menyatakan selama panel bahwa Web3 memungkinkan industri kecantikan untuk memungkinkan “kepemilikan kecantikan”. Dia berkata:
“Apa arti Web3 bagi ekonomi kreator baru seputar kecantikan? Ekspresi baru apa yang akan dibangun seputar kecantikan menggunakan teknologi baru ini? Dan seperti apa rasanya menjadi penggemar suatu merek? Ini semua adalah hal yang menurut saya akan memberdayakan Web3. Dan itu akan menempatkan apa yang kami buat di Web2 pada steroid dengan cara baru untuk berpartisipasi untuk konsumen kecantikan generasi berikutnya.”
Penting untuk menunjukkan bahwa Bold Ventures baru-baru ini mengumumkan investasi di Digital Village, sebuah perusahaan rintisan yang berbasis di Amerika Serikat yang membantu merek menciptakan identitas dan aset digital di dunia maya. Selain itu, NYX Professional Makeup, anak perusahaan L`Oreal, terintegrasi ke dalam The Sandbox tahun lalu untuk menampilkan tampilan riasan voxel pada avatar, menambah konsep kepemilikan konsumen.

Terbaru: Musim dingin kripto dapat berdampak buruk pada kesehatan mental para penambang “ChatGPT moment” untuk menyalip Web3. Dia berkata:
“Saya pikir ChatGPT adalah antarmuka yang baru dipahami orang, tetapi itu setelah bertahun-tahun penelitian dasar, pemasaran, dan eksperimen. Saya pikir hal yang sama sedang terjadi saat ini. Kami melihat banyak eksperimen, khususnya di antara merek, untuk terlibat dalam Web3. Tapi saya rasa kami belum menemukan momen ChatGPT itu.”
Namun, ini jelas tidak menghentikan perusahaan untuk terlibat dalam aktivitas Web3. Misalnya, Coinbase memiliki kehadiran yang besar di SXSW, dengan fokus besar pada produk wallet-as-a-service, atau WaaS, yang baru diluncurkan.

Leonard Law, pimpinan produk untuk WaaS di Coinbase, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa WaaS ditujukan untuk memecahkan salah satu poin utama untuk adopsi: dompet. Law mencatat bahwa WaaS penting untuk ditampilkan selama SXSW karena kehadiran Web3 yang besar. “WaaS di SXSW adalah tentang menghubungkan teknologi yang tepat dengan merek yang tepat dan membantu merek ini membangun hubungan yang kuat dan langsung dengan pelanggan mereka,” ujarnya.
Coinbase`s wallet-as-a -tampilan layanan di SXSW 2023. Sumber: Vayner3
Law menguraikan bahwa WaaS membuat proses onboarding dompet Web3 sederhana untuk pengguna akhir, karena nama pengguna dan kata sandi adalah satu-satunya elemen yang diperlukan untuk mendapatkan akses ke dompet Web3 Coinbase. “Onboarding yang sederhana akan mengurangi hambatan bagi pengguna untuk terhubung, yang akan membuka pengalaman Web3 kepada banyak orang.”

Sejumlah panel resmi SXSW 2023 juga berfokus pada inisiatif Web3. Misalnya, ada sesi unggulan berjudul “Membangun Metaverse Terbuka” yang menyertakan percakapan dengan Timmu Tõke, CEO dan salah satu pendiri Ready Player Me — platform avatar yang berfokus pada interoperabilitas.

Mengikuti panel, Tõke memberi tahu Cointelegraph bahwa metaverse adalah bagian penting dari Web3 karena begitu banyak orang menghabiskan waktu di dunia virtual. Dia menjelaskan bahwa merek tertarik untuk hadir di metaverse. “Kami telah melihat orang menghasilkan miliaran dolar setahun dengan menjual aset virtual dalam game, atau di metaverse. Web3 memainkan peran penting karena memungkinkan serangkaian teknologi yang memungkinkan konsumen untuk akhirnya memiliki aset virtual mereka,” katanya. Kehadiran

NFT kecil tetapi terfokus

Tõke mengatakan bahwa NFT kemungkinan akan memainkan peran penting untuk platform Web3 untuk memungkinkan konsumen memiliki aset digital. Dia berbagi bahwa merek menjadi berhati-hati dalam meluncurkan NFT karena kondisi pasar saat ini: “Mereka tidak ingin menghubungkan merek mereka dengan sesuatu yang dianggap menurun nilai atau popularitasnya. Kami melihat pola pikir ini saat pasar ambruk, di mana banyak merek memberi tahu kami bahwa mereka menyukai konsep metaverse tetapi tidak ingin melibatkan NFT.”

Meskipun demikian, Nicole Behnam, pendiri agensi pemasaran Beyond Media, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa meskipun tidak banyak orang membicarakan NFT di SXSW tahun ini, komunitas masih berkumpul karena siklus hype NFT sebelumnya:
“Komunitas dan koleksi NFT yang ada masih memakai acara, aktivasi, dan panel untuk pemegangnya. Kami telah berbicara tentang utilitas selama beberapa waktu, dan kami akhirnya mulai melihat tim mana yang menindaklanjuti.”
Natasha Hoskins, salah satu pendiri Klub Anak Laki-Laki Organisasi Otonomi Terdesentralisasi Sosial (DAO), mengatakan kepada Cointelegraph bahwa DAO tertarik pada bagaimana teknologi Web3 dapat diterapkan pada pengalaman dalam kehidupan nyata. Dia menjelaskan bahwa Boys Club meluncurkan drop NFT fisik dan digital dengan Boys Club Zine, majalah grup.
Pesta Boys Club di SXSW 2023. Sumber: Boys Club
“Percakapan sekitar NFT telah matang dari PFP [gambar profil] menjadi utilitas praktis dan fungsional. Ini kurang mencolok, jadi, oleh karena itu, kurang terlihat di lingkungan yang bising, tetapi perubahan ini penting bagi NFT untuk menjadi integrasi yang kredibel ke dalam aplikasi sehari-hari, ”kata Hoskins.

Kegembiraan untuk Web3 terlepas dari kondisi pasar

Semua hal dipertimbangkan, perlu dicatat bahwa kehadiran Web3 begitu besar di SXSW tahun ini, mengingat kondisi pasar saat ini dikombinasikan dengan keruntuhan Silicon Valley Bank yang terjadi pada 10 Maret — hari pertama SXSW 2023.

Terbaru: Industri crypto yang terguncang dapat muncul lebih kuat setelah USDC depeg

Tara Fung, salah satu pendiri dan CEO perusahaan pengembangan Web3 Co:Create, memberi tahu Cointelegraph bahwa suasana di SXSW selama dua hari pertama berkurang:
“Secara pribadi, saya merasa sulit untuk hadir dan terlibat ketika kami bergulat dengan pertanyaan tentang di mana sebagian besar modal operasi kami berada dan apakah kami akan mendapatkannya kembali.”
Namun, Fung mencatat bahwa pada 12 Maret, tersiar kabar bahwa para deposan Silicon Valley Bank akan dilindungi, yang mengubah lingkungan SXSW. “Kami mulai melihat lebih banyak euforia dan desas-desus yang membuat SXSW terkenal,” kata Fung.

Mengenai pasar crypto bear, Law menjelaskan bahwa pengembang memandang bear market sebagai peluang besar untuk membangun: “Inilah yang terus mendorong banyak kegembiraan di luar angkasa.”

Artikel ini disadur dari cointelegraph.com sebagai kliping berita saja. Trading dan Investasi Crypto adalah hal yang beresiko, silakan baca himbauan BAPPEBTI, OJK, Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia. Kami bukan pakar keuangan, pakar blockchain, ataupun pakar trading. Kerugian dan kealpaan karena penyalahgunaan artikel ini, adalah tanggungjawab anda sendiri.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 Both comments and pings are currently closed.

Skip to toolbar